Senin, 21 Oktober 2019

ROKAN-HULU

Tiga Kali Berturut-turut, Pemkab Rohul Kembali Raih Opini WTP LHP dari BPK RI

news24xx


Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau T Ipoeng Andjar Wasita  menyerahkan WTP kepada Bupati Rohul H Sukiman/alfa Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau T Ipoeng Andjar Wasita menyerahkan WTP kepada Bupati Rohul H Sukiman/alfa

RIAU1.COM - PASIR PENGARAIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) kembali meraih penilaian predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) RI Perwakilan Riau.

Predikat Opini WTP tersebut diraih di masa pemerintahan H Sukiman selaku kepala daerah, dimulai dari penilaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Rohul tahun 2016 dan LKPD tahun 2017 serta LKPD tahun 2018.

zxc1

Penyerahan LHP atas LKPD Rohul tahun anggaran 2018 yang kembali meraih opini WTP itu, secara langsung diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau T Ipoeng Andjar Wasita kepada Bupati Rohul H Sukiman bertempat di ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Riau, Pekanbaru, Senin (27/5/2019).

Selain Rohul, BPK RI Perwakilan Riau bersamaan juga menyerahkan dokumen LHP atas LKPD tahun 2018 kepada Kabupaten Rohil, Kampar, Bengkalis, Kuansing, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

Dalam acara itu, Bupati Rohul H Sukiman turut didampingi Inspektur Inspektorat Rohul H Helfiskar SH MH, Kepala BPKAD Rohul Suharman Nasution SPi, Kepala Bapenda Rohul El Bizri SSTP MSi, Kepala Bappeda Rohul Nifzar SP MIp serta kepala OPD terkait lainnya.

Bupati Rohul H Sukiman menyampaikan atas nama Pemkab Rohul mengucapan terimakasih dan rasa banggsanya dapat mempertahankan kembali predikat opini WTP terhadap penilaian LHP atas LKPD Rohul tahun 2018 yang telah diberikan BPK RI Perwakilan Riau.

Ditegaskannya pemberian opini WTP tersebut, menunjukan bahwa pertanggungjawaban pemerintah daerah atas pelaksanaan APBD Rohul tahun 2018 disajikan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

Karena sebelumnya BPK RI perwakilan Riau telah mengaudit LKPD Rohul tahun 2018. Dari penilaian itu, Pemkab Rohul mendapatkan Opini WTP.

Bupati Sukiman mengaku, penilaian Opini WTP yang diraih tiga kali berturut-turut dimasa kepemerintahannya, itu sebuah bentuk pengakuan dari BPK RI atas transparansi dalam pengelolaan penatausaan keuangan daerah yang transparan, akuntabel dan aktual.

Tentu itu semua, lanjutnya, berkat kerja keras OPD dan kerjasama tim yang baik."Penilaian predikat opini WTP ini, suatu prestasi atas penilaian terhadap kinerja Pemkab Rohul. Disamping suatu bukti, LKPD Rohul tahun 2018 yang disajikan Pemkab Rohul sudah memenuhi kriteria standar akuntasi pemerintah daerah," tuturnya.

Sukiman menjelaskan, opini WTP LHP atas LKPD tahun 2018 yang diberikan BPK RI itu, bahwasanya Pemkab Rohul taat kepada aturan dan azas hukum dalam pelaksanaan APBD Rohul, sehingga opini ini didapatkan.

“Kami yakin BPK RI bekerja profesional dalam mengaudit. Sebab Tahun lalu, kita juga mendapat penilaian WTP dari BPK RI atas LHP terhadap LKPD Rohul tahun 2017 dan tahun 2016," terangnya.

zxc2

Sukiman mengatakan kendati meraih predikat opini WTP LHP atas LKPD tahun 2018, namun kalau pun ada catatan yang diberikan BPK RI, pemerintah daerah segera menindaklanjuti sebelum tenggat waktu yang telah ditetapkan. Terutama Kepala OPD selaku kuasa pengguna anggaran segera menindaklanjuti sesuai aturan dan ketentuan yang ada.

"Keseriusan dan ketaatan dalam menyusun menyajikan LKPD sesuai dengan standar akutansi pemerintah daerah yang mendapat penilaian opini WTP dari BPK RI kedepan harus dipertahankan dan ditingkatkan dengan kembali mendapatkan opini WTP tanpa ada catatan-catatan yang diberikan BPK RI," jelasnya.***


R1/alfa

   

 





Loading...