Senin, 21 Oktober 2019

ROKAN-HULU

BPKAD Rohul Cairkan Bantuan ADD Tahap I

news24xx


Kepala BPKAD Rohul Suharman Nasution/alfa Kepala BPKAD Rohul Suharman Nasution/alfa

RIAU1.COM - PASIR PENGARAIAN - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah  (BPKAD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyebutkan, bantuan Alokasi Dana  Desa (ADD) Tahap I (satu) sebesar 20 persen atau sekitar Rp22,5 miliar  telah ditransfer ke 139 rekening masing-masing desa penerima di Kabupaten Rohul pekan lalu.

Penyaluran bantuan ADD tahun 2019 sebanyak tiga tahap sebesar 20 persen, tahap II sebesar 40 persen dan tahap III (sisa) disesuaikan dengan perkiraan penerimaan dana 10 persen  yang diterima Pemkab Rohul pada Desember 2019 yang ditransfer Pusat ke Kasda Rohul.



BACA JUGA : Dinas Pendidikan Rohul Siapkan Anggaran Untuk SDN 006 Yang Rusak Parah

Iklan Riau1

"Bantuan ADD, 20 persen sudah cair, dananya telah ditransfer ke rekening desa penerima bantuan ADD yang  bersumber dari APBD Rohul tahun 2019," ungkap Kepala BPKAD Rohul  Suharman Nasution didampingi Kabid Perbendaharaan Asikin SE, Jumat (24/5) terkait penyaluran bantuan ADD, I, 139  desa penerima di Rohul.

Menurutnya, pencairan bantuan ADD tahap I diprioritaskan untuk pembayaran penghasilan tetap (Siltap) atau gaji dan biaya operasional kepala desa beserta perangkat desa, yang dananya telah dialokasikan didalam APBD Rohul 2019.

Diakuinya keterlambatan pencairan ADD tahap I sebesar 20 persen, lebih disebabkan, selain keterlambatan kesiapan administrasi dari pemerintah desa, juga dikarenakan penyaluran dana perimbangan dari Pusat ke Kasda Rohul.

Sehingga diestimasikan penerimaan dana perimbangan khususnya untuk bantuan ADD tahap I itu nilainya sebesar Rp22,5 miliar telah disalurkan ke 139 desa penerima di Rohul.



BACA JUGA : Diapit Pabrik Dan Pernah Minta Bantuan, Kondisi SDN 006 Di Rohul Ini Rusak Parah

Suharman menambahkan, besaran bantuan ADD yang diterima 139 desa penerima, jumlahnya bervariasi berdasarkan luas daerah, jumlah penduduk, potensi desa dan lainnya.

"Kita berharap 139 desa yang telah cair bantuaan ADD tahap I sebesar 20 persen dan DD tahap I yang bersumber dari APBN 2019 untuk segera melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan. Berharap desa segera melengkapi laporan penggunaan keuangan desa, sebagai persyaratan kelengkapan penggunaan dana yang telah dikucurkan pemerintah," ujarnya.

Dia berharap bantuan ADD tahap I dan DD tahap I yang telah disalurkan pemerintah daerah April lalu ke masing-masing desa penerima dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya dan aturan perundang-undangan yang berlaku.***


R1/alfa
    

 





Loading...