Tunda Bayar Gaji Guru ASN dan PPPK, Plt Bupati Rohil Beri Keterangan

12 Oktober 2024
Plt Bupati Rohil, Sulaiman adakanpertemuan dengan PGRI Rohil

Plt Bupati Rohil, Sulaiman adakanpertemuan dengan PGRI Rohil

RIAU1.COM - Forum silaturahmi bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se-Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) digelar Pelaksana Tugas (Plt) Bupati H. Sulaiman. Forum silaturahmi ini juga dihadiri Kepala Disdik Rohil Asril Arief, Kepala BPKAD Rohil Darwan.

"Alhamdulillah terima kasih kami sampaikan kepada seluruh Pengurus PGRI se-Rohil yang telah bersedia hadir, di mana pada siang hari ini kita akan melaksanakan forum silaturahmi dan audiensi tentang kesejahteraan guru ke depannya, semoga forum silaturahmi ini bisa berjalan dengan lancar amin," kata Sulaiman. 

Pemkab Rohil sebelumnya kata dia, telah melakukan diskusi dengan Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) mengenai pembayaran gaji PPPK guru dan ASN guru yang akan dibayarkan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) yakni sebesar Rp11 milliar untuk pembayaran di bulan September. 

"Alhamdulillah kemarin kami telah melakukan diskusi dengan Kepala BPKAD mengenai pembayaran gaji PPPK guru, ASN guru untuk bulan September dan secepatnya dalam beberapa hari ke depannya akan diproses terus dibayarkan melalui Disdik, sebagian juga sudah dibayarkan dan tinggal di Kecamatan Bangko lagi yang belum diproses. Sedangkan untuk gaji di bulan Oktober dan gaji honorer kita menunggu proses APBD-P di tanggal 17 Oktober ini, dikarenakan kita masih menunggu persetujuan dari Pemprov Riau, mudah-mudahan bisa disetujui serta prosesnya bisa dipercepat sehingga semua pembayaran bisa dilaksanakan," harap Sulaiman. 

Selain itu, Sulaiman juga berharap ke depannya semoga Pemkab Rohil bisa terus berupaya untuk memperjuangkan kesejahteraan tenaga pengajar seperti guru, karena menurutnya tenaga pengajar merupakan tenaga yang paling berjasa dalam memberikan tunjuk ajar ke anak-anak di sekolah terlebih lagi untuk tenaga pengajar yang masih honorer. 

"Kami Pemkab Rohil memohon maaf atas ketidaknyamanan mengenai tunda bayar terjadi saat ini, di mana juga kami berharap semuanya bisa memaklumi apa yang saat ini terjadi, kita doakan semoga tenaga pengajar seperti guru bisa selalu disejahterakan oleh Pemkab Rohil ke depannya, dan semoga siapapun yang jadi pemimpin di Rohil ini bisa menjadi pemimpin yang baik, amanah dan tentunya peduli dengan masyarakat, mudah-mudahan kehidupan kita selalu diberkahi dan apa yang kita kerjakan mendapat kan ridho dari Allah amin," tutup Sulaiman. 

Di tempat yang sama, Kepala Disdik Rohil Asril Arief menyampaikan ucapan rasa syukurnya karena persoalan mengenai pembayaran gaji PPPK guru, ASN guru dan tenaga honorer guru di Rohil akan segera teratasi, di mana untuk gaji PPPK guru yang sudah terbayarkan yakni di bulan Agustus sedangkan untuk gaji bulan Septembernya akan di bayarkan 7-8 hari ke depan. Sedangkan untuk gaji ASN guru yang sudah dibayarkan yakni bulan September dan untuk gaji bulan Oktobernya nanti akan dibayarkan bersamaan dengan gaji tenaga honorer guru menunggu APBD-P disetujui nanti oleh Pemprov Riau. 

"Alhamdulillah mengenai keterlambatan pembayaran gaji guru hari ini sudah bisa terjawabkan dan teratasi yang mana gaji PPPK guru bulan September akan dibayarkan sebentar lagi, sedangkan untuk gaji ASN di Disdik untuk bulan Oktober akan dibayarkan setelah APBD-P disetujui bersamaan dengan gaji honorer guru, kita doakan saja APBD-P secepatnya diproses oleh Pemprov Riau sehingga secepat bisa kita lakukan pembayaran," kata Asril Arief. *