Rohil Gelar Tarkam 4 Cabor, Pemenang Dikirim ke Jakarta

Rohil Gelar Tarkam 4 Cabor, Pemenang Dikirim ke Jakarta

21 Juni 2024
Pembukaan Tarkam di Rokan Hilir

Pembukaan Tarkam di Rokan Hilir

RIAU1.COM - Kejuaraan antar kampung (Tarkam) dibuka Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong bersama Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Drs. Rudy Sufahriadi.

Panitia pelaksana kegiatan kejuaraan Tarkam Rohil, Rahmatul Zamri menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diagendakan berlangsung mulai tanggal 19 sampai 21 Juni 2024. 

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mengembangkan olahraga, yang mengedepankan semangat dan inovasi yang baik ditengah masyarakat, memberikan wadah bagi para atlet dalam mendekatkan olahraga pada masyarakat sekaligus mempromosikan destinasi pariwisata pada masyarakat. Selain itu, Kejuaraan Tarkam juga sebagai upaya menanamkan sportifitas, semangat juang dan kecintaan terhadap NKRI dalam upaya melahirkan atlet yang berpotensi untuk berprestasi, menjadikan sumber inspirasi masyarakat dalam pengembangan dunia olahraga,"papar dia.

Kegiatan ini sendiri mempertandingkan 4 cabang olahraga, yaitu bola voli, bulu tangkis, senam SKJ, dan cabang atletik. Untuk peserta diambil dari beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Bangko, Sinaboi, Pekaitan, Batu Hampar, Rimba Melintang dan Kubu. 

"Atlet yang ikut pada Kejuaraan Tarkam ini diutus dari 6 kecamatan, dari Kecamatan Bangko, Sinaboi, Batu Hampar, Rimba Melintang, Pekaitan dan Kecamatan Kubu dengan jumlah peserta yang mendaftar untuk grup bola voli 10 regu atau berjumlah 60 orang, bulu tangkis 48 orang, senam 5 regu yang berjumlah 30 serta fun run berjumlah total peserta sekitar 1000 orang lebih," sebut Rahmatul.

"Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Tarkam ini, terkhusus untuk Kemenpora kami sangat apresiasi dan berterima kasih karena telah memberikan kepercayaan kepada Rokan Hilir sebagai salah satu dari 87 kabupaten/kota yang mendapat bantuan kegiatan Tarkam,"tambah dia.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Deputi Kemenpora RI yang telah mau datang serta melaksanakan beberapa kegiatan Kejuaraan Tarkam di Kota Bagansiapiapi ini. 

"Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Deputi Kemenpora RI, Bapak Drs Rudy Sufahriadi beserta rombongan di Kota Bagansiapiapi. Nanti siapa yang juara pada lomba Tarkam ini akan dibawa ke Jakarta. Dalam kejuaraan Tarkam ini ada beberapa cabang olahraga yang akan diperlombakan nantinya dan tentunya kita mengharapkan yang terbaik untuk anak-anak kita disemua cabang perlombaan. Dengan turunnya Deputi Kemenpora ke Kabupaten Rokan Hilir ini adalah suatu kebanggaan bagi masyarakat Rohil. Hal ini juga berkaitan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Event Bakar Tongkang yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya dan sudah masuk dalam kalender wisata Indonesia," ujarnya.*