Realisasi Serapan Anggaran Pemkab Rohil Masih Jauh dari Harapan

25 Oktober 2024
Rapat evaluasi serapan anggaran Pemkab Rohil

Rapat evaluasi serapan anggaran Pemkab Rohil

RIAU1.COM - Serapan anggaran di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) hingga pekan ketiga bulan Oktober 2024 diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Fauzi Efrizal masih belum sesuai harapan. 

Dalam rapat evaluasi di Kantor BPKAD Rohil, Fauzi menjelaskan bahwa realisasi keuangan baru mencapai 64,55%, sementara realisasi fisik sebesar 63,99%. 

"Saya berharap setiap Organisasi Perangkat Daerah OPD mempercepat pelaksanaan kegiatan agar target akhir tahun bisa tercapai," kata Sekda Fauzi Efrizal saat memimpin rapat evaluasi capaian realisasi fisik dan keuangan seluruh OPD dan Kecamatan pekan ini.

Fauzi menekankan pentingnya percepatan ini, terutama untuk memastikan anggaran APBD Perubahan (APBD-P) segera terlaksana. Menurutnya, OPD harus berusaha lebih keras agar pelaksanaan anggaran tidak terbengkalai. 

Untuk itu, dia meminta masukan dari OPD tentang permasalahan yang dialami OPD terkait pelaksanaan APBD murni tahun 2024. Ia juga mengungkapkan, beberapa OPD sudah menyelesaikan 100% pelaksanaan fisik, namun masih menunggu realisasi keuangannya.

Dirinya juga menyoroti proses Dana Alokasi Khusus (DAK) yang mana memerlukan kelengkapan dokumen yang harus diinput ke dalam Sistem Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran (OMSPA) dengan tenggat waktu sampai pada 22 Oktober. 

"Jika sampai batas waktu penginputan belum selesai, maka anggaran tersebut akan dibebankan ke APBD kita, dan ini bukan jumlah yang kecil," kata Fauzi seraya menyebutkan ada lima OPD yang masih belum menyelesaikan penginputan data.*