Raih Skor 2,76 di EPPS, Rokan Hilir Terbaik Ketiga di Riau

26 Oktober 2024
Penghargaan yang diterima Pemkab Rokan Hilir dari BPS

Penghargaan yang diterima Pemkab Rokan Hilir dari BPS

RIAU1.COM - Penghargaan dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) 2024 diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil). Dengan skor 2,76, Kabupaten Rokan Hilir berhasil menempati posisi terbaik ketiga di Riau.

Penghargaan ini diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau. Deputi Bidang Neraca dan Analisa Statistik BPS RI, Moh Edy Mahmud, secara langsung menyerahkan penghargaan ini kepada Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiks), Indra Gunawan. 

Meski berada di posisi ketiga, prestasi ini tetap membanggakan karena Rokan Hilir bersaing ketat dengan Kota Dumai yang meraih skor 2,77 di posisi kedua dan Kota Pekanbaru yang berada di puncak dengan skor 2,89. Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti di posisi keempat dengan nilai 2,74. 

EPPS sendiri merupakan penilaian yang mengukur kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di instansi pemerintahan. Melalui proses verifikasi dan validasi yang ketat, penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik. 

Penghargaan yang diterima oleh Rokan Hilir menunjukkan bahwa kabupaten ini berada di jalur yang tepat dalam mewujudkan tata kelola data yang profesional dan terpercaya. 

Kepala BPS Provinsi Riau, Asep Riyadi, juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan BPS dalam mengumpulkan data yang akurat. 

"Kami akan terus mendorong sinergi yang lebih baik untuk menghadirkan statistik yang dapat diandalkan, demi kemajuan daerah," ujarnya.*