Pengelolaan Lingkungan Hidup, Bappeda Rohil Gelar FGD

Pengelolaan Lingkungan Hidup, Bappeda Rohil Gelar FGD

5 Juni 2024
FGD Lingkungan Hidup Bappeda Rokan Hilir

FGD Lingkungan Hidup Bappeda Rokan Hilir

RIAU1.COM - Focus group discussion (FGD) pembahasan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) digelar Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).  

Kegiatan ini dibuka Kepala Bappeda Rohil, Zuhri, dihadiri organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, LAM Rohil serta mendatangkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Riau.

"Adapun prinsip-prinsip RPPLH mengacu pada pembangunan berkelanjutan, di mana pembangunan ekonomi dan sosial tidak mengorbankan lingkungan hidup serta mengintegrasikan perlindungan lingkungan dari lingkungan paling kecil. Kemudian pembangunan rendah karbon di mana membangun daerah-daerah rendah karbon dan hemat energi serta partisipasi publik dan kerja sama antar daerah," papar Zuhri.

Selain itu, sambung Zuhri, bahwa momentum urgensi RPPLH adalah momentum untuk reorientasi kebijakan pembangunan daerah agar lebih mempertimbangkan kemampuan daya dukung dan kemampuan daya tampung lingkungan hidup.

"Sehingga kinerja capaian indikator pembangunan berkelanjutan akan lebih fokus, tepat sasaran dan terukur. Dan momentum mewujudkan komitmen bersama semua elemen pemerintah dan masyarakat di daerah untuk bersama memperbaiki fungsi dan manfaat SDA serta kualitas fungsi lingkungan hidup demi mendukung berkelanjutan kehidupan di bumi," sebut dia lagi.*