Pemkab Rohil Komitmen Jaga Lingkungan dalam Tahapan Pembangunan

Pemkab Rohil Komitmen Jaga Lingkungan dalam Tahapan Pembangunan

4 Agustus 2024
Konsultasi Publik KLHS dan RPJMD Kabupaten Rokan Hilir

Konsultasi Publik KLHS dan RPJMD Kabupaten Rokan Hilir

RIAU1.COM - Konsultasi Publik II Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun 2025-2029 kembali digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohil.

Konsultasi Publik II ini dipimpin Asisten II Setdakab Rohil, Muhammad Nur Hidayat dan juga dihadiri Kepala DLH Suwandi, Perwakilan OPD, Perwakilan Kampus UNRI dan STAI Ar-ridho, Ketua KTNA Rohil Al Kahfi Sutikno, Perwakilan Kemenag dan hadirin lainnya. 

"Terima kasih dan selamat datang kami ucapkan kepada tim ahli Universitas Riau dan para peserta yang telah hadir dalam acara ini. Seyogianya kegiatan ini dibuka oleh pak Sekda namun berhalangan hadir, jadi kami berharap dengan Konsultasi Publik II ini nantinya kita dapat menghimpun berbagai masukan dan saran khususnya mengenai RPJMD Rohil 5 tahun ke depan,"papar Muhammad Nur Hidayat.

Pemerintah daerah sebut dia,membuat dan melaksanakan KLHS RPJMD ini bertujuan untuk  mewujudkan RPJMD yang sesuai dengan konsep berkelanjutan. 

"Dan KLHS RPJMD menjadi pertimbangan dalam perumusan kebijakan rencana pembangunan daerah dalam RPJMD," 

Muhammad Nur Hidayat juga menyampaikan agar kegiatan ini melahirkan beberapa terobosan terkait dengan lingkungan, karena kajian ini nantinya sangat berpengaruh terhadap penyusunan RPJMD maupun RPJPD Rokan Hilir ke depan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil Suwandi, menyampaikan bahwa konsultasi publik dalam rangka penyusunan KLHS dan RPJMD ini yang kedua di mana setelah akan disusun dalam bentuk dokumen. Dan dokumen ini akan di evaluasi oleh pihak DLHK Provinsi bahkan dokumen tersebut juga akan di evaluasi oleh Kemendagri. 

"Hasil dari kajian KLHS ini akan dijadikan acuan dan pedoman bagi Bupati terpilih periode yang akan datang dalam merencanakan pembangunan akan datang. Sehingga pembangunan yang direncanakan kedepan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan serta tidak merusak lingkungan yang ada di Kabupaten Rohil,"sebut dia.*