Pemkab Rohil Butuh Ribuan PPPK Baru, Berikut Penjelasannya

4 Oktober 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Pendaftaran pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2024 resmi diumumkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil).

Pembukaan formasi ini mencakup tiga formasi utama, yaitu tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis, dengan total sebanyak 2.170 formasi yang akan diisi.

Dalam pengumuman resmi yang disampaikan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Rokan Hilir, bahwa formasi terbesar dialokasikan untuk tenaga teknis, dengan total 1.242 formasi. Tenaga guru mendapatkan alokasi 678 formasi, sementara tenaga kesehatan disediakan 250 formasi. 

Dikatakan, Kepala BKPSDM Rohil, Acil Rustianto, ini sesuai dengan penguman nomor 800.1.2.2/BKPSDM-PPIP/PPPK/2024/02 sampai dengan 04 tentang seleksi PPPK tenaga fungsional guru, tenaga fungsional kesehatan, dan tenaga teknis. Ia menambahkan, adapun syarat utamanya ialah merupakan pegawai honorer yang bekerja aktif minimal 2 tahun secara terus-menerus dan terdaftar di data base BKN.  

"Dalam rangka memenuhi kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2024, kami telah menetapkan 2.170 formasi yang akan diisi. Hal ini sebagaimana sesuai dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 329 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di Lingkungan Instansi Pemerintah,"papar dia.

Dijelaskan, jadwal pelaksanaan seleksi dibagi menjadi dua tahapan. Untuk seleksi lengadaan PPPK TA 2024 bagi pelamar prioritas (Pelamar Prioritas Guru dan D-IV Bidan Pendidik Tahun 2023), Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) dan Tenaga non-ASN yang Terdata dalam Pangkalan Data (Database) BKN bisa melakukan pendaftaran pada tanggal 1-20 Oktober.

Selanjutnya, jadwal seleksi pengadaan PPPK TA 2024 bagi pelamar tenaga non-ASN yang aktif bekerja di Instansi Pemerintah (termasuk Lulusan PPG untuk Formasi Guru di Instansi Daerah) dapat mendaftar pada 17 November - 31 Desember.

"Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi calon PPPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2024 dapat diakses melalui laman https://bkpsdm.rohilkab.go.id dan sosial media bkpsdm_rohil. Kemudian bisa menghubungi Nomor WhatsApp/WA 081378352084 dan 085159620822 atau 085265446600 pada hari Senin sampai Ju'mat pukul 08.00 sampai 16.00 WIB," jelasnya.

Diungkapkan, pelamar disarankan untuk terus memantau proses seleksi melalui pengumuman di laman tersebut. Menurunya lalaian karena tidak mengetahui informasi yang disampaikan melalui laman informasi tersebut menjadi resiko bagi setiap individu.

"Sekali lagi silahkan pantau website kami, melalui laman https://bkpsdm.rohilkab.go.id/ . Penerimaan PPPK ini diharapkan dapat memperkuat pelayanan publik di Kabupaten Rohil, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, dan teknis pemerintahan," tukasnya.*