Implementasi SPBE di Pemkab Rohil Diklaim Cukup Baik

22 Oktober 2024
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Indra Gunawan

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Indra Gunawan

RIAU1.COM - Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Rokan hilir (Rohil) secara umum dikatakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Indra Gunawan telah cukup baik. 

Jika ada kekurangan, ke depan sebut dia akan ada perbaikan dokumen serta klarifikasi sekaligus menyampaikan indikator yang ada. 

"Saya berharap kita semua bisa memahami kegiatan ini dengan baik dan nantinya apa yang disampaikan yang oleh tim penilai SPBE KemenPAN-RB, jika ada kekurangan segera dilengkapi dengan menjelaskan klarifikasi sesuai indikator yang ada, mudah-mudahan nantinya mampu menaikkan nilai kita,” kata Indra saat penilaian interview evaluasi SPBE tahun 2024 secara daring bersama tim penilai yang ditunjuk oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Indra menyatakan bahwa Pemkab Rohil menyadari pentingnya peran SPBE dalam mendukung kelancaran administrasi di pemerintahan. Menurutnya, pemerintah sudah berupaya mendorong penerapan SPBE sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE. 

“Hasil evaluasi SPBE Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Pada tahun 2024 dengan nilai sementara 2.67 dengan predikat baik," ujarnya.

Dia menyebutkan juga, penilaian tersebut terdapat 47 indikator yang sudah dilakukan pengisian dan pelaksanaan data dari KemenPAN-RB berdasarkan dari hasil penilaian yang diberikan oleh asesor tersebut. Pihaknya akan terus berupaya untuk melengkapi dan memenuhi seluruh Nilai Indeks SPBE di tahun 2024 sesuai target yang diharapkan. 

"Ke depannya kami akan terus berupaya untuk lebih melengkapi dan memenuhi Nilai Indeks SPBE di tahun 2024 ini dan tentunya kami juga berharap kedepan nilai SPBE bisa meningkatkan serta mengimplementasikannya secara baik di Rohil," tuturnya.*