Gubri: Program PSR Riau Sudah 4.150 Hektare

5 September 2023
Tasyakuran Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Sawitri

Tasyakuran Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Sawitri

RIAU1.COM - Tasyakuran Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Sawitri paket D dihadiri Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Kegiatan ini digelar di Desa Kencana, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rohil, Selasa (05/09/2023).

Dikatakan Gubri Syamsuar, panen perdana ini merupakan hasil dari program pemerintah yaitu peremajaan sawit rakyat (PSR).

“Alhamdulillah kita dapat berkumpul hari ini untuk melakukan panen perdana. Kita harapkan mudah-mudahan buahnya bisa lebih besar dan lebih produktif hasilnya sehingga nanti bisa mensejahterakan masyarakat,” kata Gubri Syamsuar.

Dijelaskan, program PSR untuk kabupaten/kota se-Provinsi Riau di targetkan Pemerintah Pusat seluas 10.550 hektare (ha) pada tahun 2023. Hingga sampai saat ini PSR di Riau sudah bisa memperoleh 4.150 ha dan itu terus masih berproses. 

“Tahun ini kita memang oleh pemerintah ditargetkan 10.000 hektare PSR-nya dan sekarang kita sudah bisa diperoleh 4.150 hektare. Untuk saat ini kemajuan dari PSR Kabupaten Rokan Hilir ini cukup tinggi di Riau,” jelasnya.

Gubri menerangkan, untuk tahun 2023 Kabupaten Rohil sendiri menargetkan PSR seluas 500 ha. Tetapi sekarang ini program tersebut sudah melewati targetnya yaitu terdapat 578 ha. 

“Meski sudah lewat target, kalau ada yang mau mengurus PSR kami pasti membantu. Karna sudah seharusnya sawit yang tua ini ya diremajakan,” terangnya.*