Dinas P2KBP3A Rohil Gelar Loka Karya Mini Stunting

Dinas P2KBP3A Rohil Gelar Loka Karya Mini Stunting

7 September 2024
Loka Karya Mini Stunting di Rokan Hilir

Loka Karya Mini Stunting di Rokan Hilir

RIAU1.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar Loka Karya Mini (Lokam) Stunting di di beberapa kecamatan. 

Demikian disampaikan Kepala Wiwik Shita melalui , Kamis (5/9/2024) di Kantornya Jalan Kecamatan, Batu Enam, Bagansiapiapi.

"Adapun standar pemantauan dan pendampingan keluarga pada tingkat kecamatan dalam percepatan penurunan stunting meliputi adanya tim pendamping keluarga yang terlatih, tersedianya alat ukur atau aplikasi pengukuran untuk sasaran stunting yang tersedia, serta terlaksananya prosedural operasional percepatan penurunan stunting," kata Kabid Keluarga Berencana, Dinas P2KBP3A Rohil , Nurhasanah.

Pelaksanaan loka karya mini tingkat kecamatan ini dikatakan Nurhasanah melibatkan berbagai unsur serta lintas sektoral seperti camat, kepala puskesmas, dokter, tenaga gizi, bidan serta tenaga kesehatan lainnya, Tim Penggerak PKK Kecamatan, penyuluh KB, PLKB ASN dan Non ASN, LPM, pengurus IBI ranting, pengurus KUA, satuan tugas percepatan penurunan stunting, Polsek serta unsur lainnya di tingkat kecamatan. 

Kegiatan ini juga diisi dengan pemberian materi dari masing-masing bidang terkait dengan upaya intervensi pencegahan dan percepatan penurunan stunting. Di mana stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak karena kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang mengakibatkan tinggi atau panjang tubuh dibawah standar. 

"Terkait masalah pencegahan stunting ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pemerintah yaitu melakukan pendataan ibu hamil dan balita yang ada di daerah untuk menjadi sasaran. Memastikan ibu hamil dan balita datang ke posyandu, memastikan alat antropometri terstandar dan tersedia di posyandu, melakukan penyuluhan kepada bumil dan balita, melakukan penimbangan dan pengukuran dengan alat standar serta memberikan asupan makanan tambahan yang memenuhi standar gizi," ujarnya. 

Sambung dia, pelaksanaan lokam ini telah mulai berjalan dan dilaksanakan di empat kecamatan dari 18 kecamatan se-Rohil, diantaranya Kecamatan Bangko, Kecamatan Sinaboi, Kecamatan Batu Hampar serta Kecamatan Pekaitan.*