Bupati Rohil Minta Rumah Suluk Didata

Bupati Rohil Minta Rumah Suluk Didata

6 September 2024
Pertemuan Khalifah dan Ulama se-Kabupaten Rokan Hilir

Pertemuan Khalifah dan Ulama se-Kabupaten Rokan Hilir

RIAU1.COM - Pertemuan Khalifah dan Ulama se-Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) pekan ini digelar di Gedung Misran Rais, Jalan Utama, Bagansiapiapi.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutan menyampaikan selamat datang kepada para Khalifah dan Mursyid yang hadir serta para hadirin lainnya. Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan agar semua Rumah Suluk yang ada di Kabupaten Rokan Hilir didata keseluruhan, karena pada acara tersebut tidak semua kecamatan yang ada Rumah Suluk mengutus Khalifahnya pada pertemuan Khalifah tersebut. 

"Dengan adanya pertemuan Khalifah ini, nantinya akan kita bentuk forum yang akan mempersatukan para Khalifah di Rohil. Untuk itu kita perlu pendataan Rumah Suluk yang valid. Karena untuk bantuan hibah Rumah Suluk nantinya dapat terakomodir seluruhnya," kata Afrizal.

Di mana rumah, sambung dia, Suluk juga sebagai tempat pendidikan spiritual bagi masyarakat beragama Islam yang perlu diperhatikan. 

"Kita berharap Kemenag Rohil dapat mendata semua rumah Suluk yang ada, sehingga kegiatan Rumah Suluk dapat terpantau oleh Kemeng dan MUI. Dengan pendataan tersebut kita dapat mengantisipasi adanya ajaran atau paham-paham sesat yang dapat mempengaruhi masyarakat," harapnya. 

Selain didata, Rumah Suluk ini dikatakan Bupati sebaiknya diurus izinnya agar setiap Pemkab Rohil memberikan bantuan hibah kepada Rumah Suluk tidak bermasalah dengan hukum. Selain itu, gunanya pendataan Rumah Suluk ini kita dapat mengetahui Rumah Suluk yang sudah terdaftar di Kemenag maupun di bagian Kesra dapat diperhatikan dan diakomodir. 

"Sekali lagi saya berharap kepada Kemenangan Rohil untuk mendata seluruh Rumah Suluk yang ada serta diurus izinnya. Dengan adanya pertemuan Khalifah ini, kita dapat menyerap langsung aspirasi dari para Khalifah dan Mursyid, dan kita butuh masukan-masukan dari para orang tua dan tokoh agama kita di Rohil," ujar Bupati.*