Berikut 45 Anggota DPRD Rohil yang Baru Dilantik

Berikut 45 Anggota DPRD Rohil yang Baru Dilantik

18 September 2024
Pelantikan Anggota DPRD Rokan Hilir Periode 2024-2029

Pelantikan Anggota DPRD Rokan Hilir Periode 2024-2029

RIAU1.COM - Pidato Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rohil dibacakan Bupati Afrizal Sintong saat pelantikan Anggota DPRD Rohil Periode 2024-2029, Selasa (17/9/2024).

"Mengawali kata pembukaan, izinkanlah kami atas nama DPRD Rohil mengucapkan selamat datang kepada para undangan pada rapat paripurna DPRD dalam rangka peresmian dan pengangkatan anggota DPRD periode 2019-2024, serta izinkan kami memohon maaf atas kurangnya ketersediaan tempat bagi para undangan sekalian," kata Ketua DPRD Rohil, Maston. 

Dalam menjalankan fungsinya terang Maston, DPRD melakukan pengawasan terhadap keputusan Bupati dan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah sesuai dengan aturan yang berlaku dan memberikan manfaat yang maksimal dalam fungsi anggaran. 

Setiap tahun DPRD membahas KUA dan PPAS APBD bersama-sama dengan TAPD di mana proses ini memastikan sesuai kebutuhan masyarakat dan prioritas pembangunan daerah dan anggaran. 

"Seiring dengan itu, disuasana yang sangat berbahagia ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini yang akan mengakhiri masa jabatannya memohon maaf kepada Bupati, Wakil Bupati, unsur Forkopimda, saudara Sekretaris Daerah, Sekretaris Dewan beserta tokoh adat dan semua pihak. Kepada seluruh masyarakat atas segala kekurangan dan keterbatasan kami dalam bertugas selama ini. Apa yang kita lakukan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari implementasi pelaksanaan pesta demokrasi melalui pemilihan umum pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu. Selanjutnya kita mengikuti dengan keputusan KPU tanggal 14 Juni 2024 tentang penetapan calon terpilih anggota DPRD dalam Pemilu tahun 2024,"papar Maston. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Rohil Afrizal Sintong didaulat untuk membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada acara pengucapan sumpah dan janji jabatan anggota DPRD Kabupaten/Kota masa bakti 2024-2029. 

"Pada momentum ini izinkan saya menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan anggota DPRD Rokan Hilir Periode 2024-2029 hasil pemilu legislatif tahun 2024 yang saat ini telah dilantik melalui Rapat Paripurna DPRD Rohil, di mana kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian proses pemilu legislatif tahun 2024. Kita bangsa Indonesia patut berbangga bahwasanya kita sudah dapat membuktikan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi sehingga bisa melaksanakan 13 kali pemilihan umum yang berjalan aman dan lancar," jelasnya. 

Selanjutnya Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak penyelenggara yang terlibat baik KPU, Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Pemerintah Daerah, pihak keamanan dan insan pers serta masyarakat yang telah berkolaborasi dan bekerja sama dengan komponen bangsa dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu yang aman dan damai. 

"Akhir kata saya ucapkan selamat bekerja kepada Anggota DPRD masa jabatan 2024-2029 yang baru dilantik, pemerintah berharap dengan memikul beban dan amanah yang berat ini, Anggota DPRD Rohil dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sampai purna tugas nantinya," ujarnya. 

Kemudian pada kesempatan ini Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota DPRD Rohil masa bakti 2019-2024 atas pengabdian dan jasa-jasanya untuk bangsa dan negara.

Berikut Anggota DPRD Rohil Periode 2024-2029 yang dilantik berdasarkan dapil diantara: Dapil 1, M. Syah Padri, S.T (PKB), Rahman Iman Cahyadi, S.IP (Gerindra), Devi Paranita, S.IP (PDI), H. Jasmadi (Ijaskori), S.E (Golkar), M. Hotib (Golkar), Basiran Nur Efendi (Nasdem), Sutiyo Pramono (PAN), Imam Suroso, S.E (Demokrat), Herkoni, S.Pd.I (PKS). 

Dapil 2: Rezha Fahlevi Siregar, S.H, M.H (Gerindra), Jhonni Simanjuntak (PDI), Purnomo, S.Ag (PDI), Aswin, S.E (Golkar), H. Raja Hot (Golkar), Sudirman (Nasdem), Syamsudin, S.P (PKS), Noor Charis Putra (Demokrat). 
Dapil 3: Udin Sipahutar (PKB), Sugianto (PDI P), Ilhammi, S.Tr.Keb (Golkar), Julianto, S.E (Golkar), Sumini (Nasdem), Edison, S.Ag, M.H (PKS), Najaruddin (Hanura), Destari Wulan Dini, S.IP (Demokrat), Jasrul Ilham, S.T (Demokrat), Iwan Sunaria, S.T (PPP). 

Dapil 4: Andri Yusuf Silalahi (PKB), Zainal Abidin, S.P (Gerindra), Maston (PDI P), Cindy Rahmadani, S.E (Golkar), Indra Syahputra, S.H (Golkar), Raly Anugrah Harahap, M.M (Nasdem), Fazrul Hidayat Lubis, S.E (PKS), Hamzah, M.M (Hanura), Ahyar Hasibuan (Demokrat), Lambok Parluhutan Parsaoran Siadari (PSI). 

Dapil 5: Syahrin Usman, S.Sos (PKB), Muhar Riza, S.A.P (PDI P), Darwis Syam (Golkar), Adil Makmur (Golkar), Bahagia Rambe (Nasdem), H. Zahrul Saupi, S.E (PKS), Amansyah (PAN), Fatli (Demokrat).