Akselerasi Digital UKMK jadi Harapan Pemkab Rohil

25 Oktober 2024
Plt Bupati Rohil, Sulaiman tinjau produk UMKM

Plt Bupati Rohil, Sulaiman tinjau produk UMKM

RIAU1.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir (Rohil) H. Sulaiman, menghadiri kegiatan yang bertujuan untuk penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) startup sawit melalui digitalisasi pekan ini.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Sulaiman menekankan pentingnya digitalisasi sebagai langkah strategis untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing UKMK. 

"Di era digital ini, kami berharap semua produk UKMK di Rokan Hilir dapat dipasarkan melalui platform digital. Pemerintah daerah mendukung penuh inisiatif ini, terutama melalui kolaborasi yang solid antara Samade dan Rumah Tamadun," kata dia. 

Plt. Bupati juga memberikan apresiasi kepada pelaku UKMK, khususnya generasi muda, yang telah menunjukkan kreativitas dalam menciptakan produk inovatif dari bahan-bahan yang sering diabaikan. 

"Contoh yang baik adalah anak-anak SMA yang telah berhasil memanfaatkan batok kelapa menjadi produk bernilai ekonomi, seperti gantungan kunci dan lampu belajar. Ini adalah inovasi yang patut didukung dan dicontoh oleh semua," ujar dia.

Selain itu, Plt. Bupati Sulaiman juga mengunjungi bazar yang diadakan oleh Rumah Tamadun, di mana berbagai produk kreatif dari UKMK dipamerkan. Ia melihat langsung inovasi dan kreativitas yang ditampilkan, yang diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak pelaku usaha untuk terus berkarya. 

Sulaiman menegaskan bahwa pemerintah melalui Dinas Koperasi akan terus melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk memastikan perkembangan UKMK di Rokan Hilir.*