Wilayah Rohil hingga Bengkalis Malam Ini Berpotensi Hujan

3 Oktober 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Rilis prakiraan cuaca wilayah Provinsi Riau Kamis, 3 Oktober 2024, disampaikan BMKG Pekanbaru.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Deby C menyampaikan, bahwa cuaca pagi hari di Riau akan didominasi oleh kondisi udara kabur dan berawan, dengan potensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Kampar, Indragiri Hilir, serta Kota Pekanbaru, dan Dumai.

"Pada siang hingga sore hari, cuaca berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah, seperti Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, serta Kota Pekanbaru dan Dumai,"kata Deby C.

Dia menambahkan bahwa kondisi serupa akan berlanjut hingga malam hari, namun hujan tidak akan merata di seluruh wilayah.

Malam hari diperkirakan cuaca tetap berawan dengan hujan ringan hingga sedang di beberapa daerah, termasuk Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, dan Kota Pekanbaru.

BMKG juga memberikan peringatan dini agar masyarakat waspada terhadap hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang, terutama di wilayah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, dan Siak, baik pada pagi, siang, maupun malam hari. 

Untuk suhu udara diperkirakan berkisar antara 23°C hingga 33°C, dengan kelembapan mencapai 60-99%. Kecepatan angin diperkirakan bertiup dari arah selatan hingga barat dengan kecepatan 10-30 km/jam. 

Sementara itu, prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Riau berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter.

"Potensi hujan disertai petir dan angin kencang di pagi dan siang hari dapat menyebabkan kenaikan tiba-tiba tinggi gelombang laut serta penurunan jarak pandang," imbaunya.

Untuk titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera, BMKG melaporkan total 8 titik, namun di Riau tidak terpantau adanya hotspot.*