Wartawan Anggota PWI Riau akan Liput Pacu Jalur Pangean Kuansing

6 Juni 2024
Ketua PWI Riau, Raja Isyam Azwar

Ketua PWI Riau, Raja Isyam Azwar

RIAU1.COM - Sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2024 tingkat Provinsi Riau, Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, diajak turut serta mengikuti lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Raja Ali Kelana.

"Tentu saja kita mengajak rekan-rekan anggota PWI Riau untuk dapat berpartisipasi dalam LKJ Raja Ali Kelana ini. Ayo siapkan rencana liputan dan karya foto terbaik dari sekarang," ujar Raja Isyam Azwar, Selasa (4/6/2024).

Menurut Ketua HPN Tingkat Provinsi Riau, H. Fithriady Syam, kegiatan LKJ Raja Ali Kelana ini terbuka untuk seluruh anggota PWI Riau.

Ada dua kategori lomba LKJ tersebut, yakni Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) dan Lomba Karya Foto Jurnalistik (LKFJ). Dijadwalkan rombongan PWI Riau akan melakukan ekspedisi, atau turun ke lokasi acara di Kuansing dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional Tingkat Provinsi Riau, pada tanggal 7-8 Juni 2024.

Semua peserta akan diajak langsung melihat tradisi Pacu Jalur di Kecamatan Pangean, Kuansing pada akhir pekan ini. Sehingga, karya-karya yang dihasilkan memang berdasarkan hasil liputan dan hunting lapangan, sehingga akan mendapatkan hasil terbaik.

Tradisi Pacu Jalur Kuantan Singingi menjadi topik dari perhelatan agenda Ekspedisi LKJ dengan tema Budaya Lestari, Pariwisata Maju, Ekonomi Bangkit, dan Masyarakat Sejahtera. Kegiatan ini memang bagian dari rangkaian acara HPN tingkat Provinsi Riau yang akan berlangsung di Teluk Kuantan hingga pertengahan Juli 2024 mendatang.

Adapun hadiah yang diperebutkan bernilai total Rp 35 juta. Rinciannya, Rp 17,5 juta untuk masing-masing kategori perlombaan. Juara atau karya terbaik LKTJ akan mendapatkan hadiah Rp 7,5 Juta. Selain itu, disediakan juga hadiah untuk 20 nominator masing-masing Rp 500 Ribu. Begitu juga untuk pemenang karya terbaik LKFJ akan mendapatkan hadiah Rp 7,5 juta. Sementara 20 nominator akan mendapatkan masing-masing Rp 500 ribu.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Pemkab Kuansing. Baik kunjungan ekspedisi, transportasi, akomodasi dan memfasilitasi acara selama anggota PWI Riau berada di Kuansing. Dukungan juga diberikan oleh PWI Kuansing yang telah menyiapkan lokasi liputan, pertemuan dengan para tokoh masyakarat, Kominfo, serta Dinas Pariwisata.

Adapun ketentuan teknis LKTJ, lomba terbuka untuk seluruh anggota PWI di Riau yang dibuktikan dengan kartu pers. Tidak ada pembatasan jumlah kata. Karya harus sesuai dengan tema lomba, orisinal, dan dapat dipertanggungjawabkan, bukan terjemahan, saduran, rangkuman, dan tidak mengandung advertorial komersial. Karya tidak mengandung unsur pornografi, politik, kekerasan, penghinaan, dan SARA.

Sedangkan untuk LKFJ, ketentuannya ukuran foto maksimal 7 MB dengan format .JPG. Resolusi foto 72-300 dpi. Panjang atau tinggi foto minimal 2.000 pixel dan maksimal 4.000 pixel. Foto yang dikirimkan tidak boleh terdapat watermark/identitas foto dalam bentuk apapun. Peserta wajib menyertakan caption pada foto yang dikirimkan. Editing yang dilakukan terhadap foto diperkenankan hanya sebatas editing kontras, rotating dan cropping.

Baik karya tulis ataupun foto dikirimkan ke panitia melalui email lktjalikelana@gmail.com. Karya yang dikirimkan disertai dengan bukti muat di media cetak atau online (link berita atau print/pdf koran), soft copy karya (berbentuk word untuk karya tulis dan soft copy foto), dan kartu pers.*