UMRI Kini Punya Rumah Susun Mahasiswa, Diresmikan Menteri Muhadjir

9 Oktober 2024
Peresmian Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) Universitas Muhamadiyah Riau (UMRI)

Peresmian Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) Universitas Muhamadiyah Riau (UMRI)

RIAU1.COM - Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) Universitas Muhamadiyah Riau (UMRI) diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Rabu (9/10/2024). 

Rusunawa tersebut berada di kawasan kampus utama UMRI Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru.

Hadir saat peresmian tersebut Asisten I Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur. Tampak hadir pula Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprianto, Rektor UMRI, Saidul amin serta tamu undangan lainnya.

Pembangunan gedung ini dimulai pada Desember 2022. Dibangun oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bangunan setinggi tiga lantai tersebut memiliki unit hunian tipe 24 sebanyak 43 unit.

Sebelum diresmikan, Rusunawa ini sudah mulai difungsikan. Gedung ini diperuntukkan bagi mahasiswa Kedokteran UMRI. Sebab, selain dibentuk dalam bidang akademik, pihak universitas ingin para mahasiswa kedokteran juga dibentuk softskill nya saat di Rusunawa ini. 

Harapannya, usai menyelesaikan pendidikan, para calon dokter ini layak mengabdi untuk dunia juga akhirat. Rusunawa ini juga dihuni oleh mahasiswa UMRI luar daerah yang kurang mampu. Mereka dapat menempati hunian ini tanpa dipungut biaya sepeserpun. Kemudian, juga diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang menjalani pendidikan di UMRI.

Usai meresmikan Rusunawa UMRI, kepada awak media, Menko PMK katakan sudah 4 kali berkunjung ke universitas tersebut. Ia menilai, perkembangan pembangunan UMRI berkembang pesat serta pengelolaan kampus ini mengalami kemajuan yang luar biasa. 

"Kami juga sudah melihat Rusunawa ini, dan secara umum tadi sangat bagus kondisinya, cukup megah dan rapi, tinggal nanti mungkin untuk landscape, sekitarnya harus diperindah dengan taman, karena juga lahannya masih cukup," ujarnya. 

"Dari Pihak UMRI sendiri sudah mengeluarkan biaya untuk kebutuhan perlengkapan seperti AC dan fasilitasi beberap ruang pertemuan, ini hal bagus sehingga tidak sepenuhnya mengandalkan bantuan dari Pemerintah," imbuhnya. 

Lalu, Muhadjir menuturkan, peresmian Rusunawa ini sengaja dijadwalkan setelah gedung ini dapat difungsikan. Sehingga, pihaknya dapat memastikan bantuan tersebut digunakan sesuai dengan tujuan. 

"Kemudian, juga untuk mengecek langsung, apa masih adakah kekurangan-kekurangan dari pembangunan ini, atau mungkin ada penyimpangan barangkali, itu bisa diketahui kalau kita sudah datang kesini saat Rusunawa itu difungsikan," jelasnya.

Sementara, Asisten I Setdaprov Riau sampaikan harapan agar gedung ini dapat difungsikan sebaik mungkin. Sehingga sesuai tujuannya, selain tempat tinggal, gedung ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan softskillnya melalui berbagai program yang akan dilakukan.

"Pertama kita mengucapkan apresiasi dan tahniah dengan dibangunnya rusunawa ini  yang akan memudahkan mahasiswa kita untuk berkuliah, semoga bermanfaat untuk mendukung mahasiswa dalam menyelesaikan kuliahnya," sebutnya.

"Harapan kita kedepan, mahasiswa UMRI ini lebih maju, dan betul-betul bisa bermanfaat untuk Riau. Maka, disamping kepentingan akademik, softskill itu perlu ditingkatkan kepada anak-anak, sehingga ilmu akademik dan softskill ini beriringan dibentuk setiap harinya. Jadi nantinya Rusunawa ini menjadi salah satu wadah untuk mahasiwa meningkatkan softskill tersebut," tutur dia.*