Satu Daerah di Riau Tidak Terima Penghargaan Pelaksanaan Program TP-PKK

15 Oktober 2024
Penyerahan penghargaan pada TP PKK se Riau

Penyerahan penghargaan pada TP PKK se Riau

RIAU1.COM - Terdapat sebanyak 11 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kota se-Provinsi Riau menerima penghargaan atas peningkatan hasil pembinaan dan monitoring pelaksanaan 10 program pokok PKK dan pembinaan TP-PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Provinsi Riau, Zuliana Rahman Hadi kepada 11 Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Diantaranya TP-PKK Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Kami mengucapkan selamat kepada 11 Kabupten/Kota yang telah melaksanakan 10 program pokok PKK di Kecamatan, Desa dan Kelurahan. Semoga hal ini dapat terus dijaga dan ditingkatkan dimasa yang akan datang,” kata Zuliana awal pekan ini.

Dalam kesempatan tersebut Zuliana menghimbau agar seluruh TP-PKK Kabupaten/Kota untuk dapat bersinergi dan mengintergrasikan program kerja mereka dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Seperti dalam pemenuhan pelayanan dasar masyarakat terhadap air bersih. TP-PKK dapat menjalin kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) yang ada dimasing-masing daerah.

“Ketersediaan air bersih sangat penting sebagai bagian integral dari upaya penurunan stunting,” ujarnya.

Sebab menurutnya, akses air bersih yang baik akan berdampak langsung pada kesehatan ibu dan anak, terutama dalam memastikan kebersihan dan sanitasi yang memadai di lingkungan rumah tangga.

Dimana air bersih, tutur dia, berperan penting dalam mencegah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak, seperti diare dan infeksi saluran pencernaan, yang merupakan salah satu penyebab utama stunting.

“Maka dari itu saya berharap kepada ibu-ibu anggota dan pengurus TP-PKK di Kabupten/Kota untuk dapat saling berkerja sama dengan Dinas-Dinas lainnya dalam menjalankan 10 program kerja PKK ini,” demikian Zuliana Rahman Hadi.*