Sagu Combo Petualang Jadi Andalan Meranti di Festival Pangan Lokal Riau

Sagu Combo Petualang Jadi Andalan Meranti di Festival Pangan Lokal Riau

14 September 2024
TP PKK Kepulauan Meranti

TP PKK Kepulauan Meranti

RIAU1.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kepulauan Meranti, setia menampilkan menu berbahan dasar sagu dalam berbagai festival dan lomba. 

Kali ini, ditampilkan menu dengan tema Sagu Combo Petualang dalam Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Festival Pangan Lokal pertengahan pekan ini.

Adapun Sagu Combo Petualang berisikan sejumlah menu lainnya, seperti Sagu Maritim yang dibuat dari parutan sagu dan ubi yang dikukus. Sebagai lauk, ada krispi yami (ayam ikam), dan setup bunga yang berisi sayuran. Sedangkan untuk hidangan cuci mulut, ada bola-bola coklat dari tahu dan tempe, serta ada juga sate buah. 

Ketua TP-PKK Kepulauan Meranti, Ismiatun mengatakan, pihaknya tetap mengandalkan sagu sebagai bahan dasar dalam lomba cipta menu. Hal itu menurutnya, selain memperkaya ragam menu sagu, juga untuk semakin memperkenalkan komoditi unggulan daerah. 

"Saat ini kita sudah memiliki beragam menu yang terbuat dari sagu. Jelas kita fokus ke menu berbahan dasar sagu, karena itu produk unggulan Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Ismiatun. 

Meski menu yang ditampilkan TP-PKK Meranti belum berhasil mendapatkan juara dalam lomba tersebut, Ismiatun mengaku tetap bangga karena bisa berpartisipasi dan memperkenalkan menu dari sagu Meranti. 

"Meski belum berpeluang sebagai pemenang, namun melalui festival ini, kita dapat memberikan manfaat dalam penyediaan gizi dengan bahan baku lokal. Juga dapat menjadi edukasi dan kreatifitas bagi ibu rumah tangga dan masyarakat dalam penyediaan menu sehat," sebutnya.*