Ratusan UMKM di Riau Terima NIB dan Sertifikasi Halal

Ratusan UMKM di Riau Terima NIB dan Sertifikasi Halal

1 Agustus 2024
Penyerahan NIB dan Sertifikasi Halal untuk UMKM Riau

Penyerahan NIB dan Sertifikasi Halal untuk UMKM Riau

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyerahkan nomor induk berusaha (NIB), hak kekayaan intelektual (HKI), dan sertifikasi halal pada 200 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Indra mengatakan bahwa, pembagian NIB dan sertifikasi halal tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan percepatan investasi UMKM yang ada di Bumi Lancang Kuning ini.

“Ini merupakan wujud dari komitmen kita bersama antara pemerintah dan dunia usaha untuk mendorong percepatan investasi bagi para pelaku UMKM,” ujar Pj Sekda, Kamis (1/8).

Pj Sekda, menambahkan, guna menciptakan UMKM Riau yang berdaya saing di dunia usaha, pihaknya telah menjembatani para pelaku UMKM untuk menjalin kemitraan dengan pelaku usaha besar melalui pengembangan dan pembinaan produk dan usaha.

"Diantaranya dengan PT Apical Kao Chemical, PT Sari Dumai Oleo, PT Inecda, PT Flora Wahana Tirta, PT Permata Surya Bahari, dan PT First Resouces,"sebut dia.

Hal ini, tambah dia lagi, sejalan dengan Peraturan Menteri Investasi nomor 1 tahun 2022 tentang tata cara prlaksanaan kemitraan dibidang penanaman modal antara usaha besar dengan UMKM di daerah guna mendorong dan menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif.

“Kami berharap para pelaku usaha yang telah menanamkan modalnya di Provinsi Riau dapat bersinergi dengan para pelaku UMKM. Sehingga kegiatan usaha yang dilakukan ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Riau,” demikian Pj Sekda.*