Putra Asal Meranti Raih Medali Emas Ajang WICO Korea Selatan

Putra Asal Meranti Raih Medali Emas Ajang WICO Korea Selatan

28 Juli 2024
Bagus Duhan Irfandy dan Muhammad Agung Islamy

Bagus Duhan Irfandy dan Muhammad Agung Islamy

RIAU1.COM - Dua bersaudara, Bagus Duhan Irfandy dan Muhammad Agung Islamy mengharumkan nama Meranti dan Riau dikancah internasional. 

Kali ini pemuda dari Desa Maini Kecamatan Tebingtinggi Barat itu, berhasil meraih medali emas dalam ajang World Invention Creativity Olympic (WICO). 

Olimpiade penemuan internasional yang diikuti kurang lebih 2 ribu peserta dari 25 negara itu berlangsung di Kota Seoul Korea Selatan, 23-24 Juli 2024 lalu. 

Bagus membeberkan, dia bersama tim menampilkan riset penelitian potensi gula sagu menjadi Artificial Nectar (nektar buatan) untuk subtitusi nektar alami pada lebah. 

"Serta visualisasi menggunakan model 3 dimensi dengan Aplikasi Sago AR yang sudah tersedia di google play store," katanya. 

Bagus sendiri merupakan mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Lingkungan Universitas Riau dan Muhammad Agung Islamy dari Program Studi Magister Ilmu Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, terutama Pelaksana tugas Bupati H. Asmar atas dukung moril maupun materil yang diberikan. 

"Terima kasih banyak kami ucapkan kepada pemerintah daerah dan Bank Riau Kepri Syariah atas dukungan moril, materil dan arahannya dalam mewujudkan cita-cita serta impian putra daerahnya," ucap Bagus.

Alumni SMAN 2 Tebingtinggi Barat itu berharap akan lebih banyak lagi pemuda Meranti yang termotivasi, dan menunjukkan potensi demi mewujudkan sumber daya manusia daerah yang berkualitas. Menurutnya, semakin luas pandangan maka semakin banyak pengalaman baik akan terbentuk.

"Semakin banyak berkolaborasi, berjejaring dan berelasi maka akan semakin kokoh cakrawala dalam berpikir. Semoga melalui momentum yang istimewa ini, dapat memotivasi dan mengedukasi kawula muda penerus bangsa di kabupaten kepulauan Meranti agar terus semangat dalam meraih mimpi dan cita-cita," sebut putra bungsu dari pasangan Muhammad Khumeri dan Kasianti itu.*