Puskesmas Kunto Darussalam Rohul Terima Penghargaan dari Menkes

19 Oktober 2024
Bupati Rokan Hulu, Sukiman saat terima penghargaan dari Menkes, Budi Gunadi

Bupati Rokan Hulu, Sukiman saat terima penghargaan dari Menkes, Budi Gunadi

RIAU1.COM - Penghargaan Puskesmas dengan komitmen pelayanan kesehatan primer terbaik kategori Puskesmas Pedesaan diraih Puskesmas Kunto Darussalam.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin akhir pekan ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan pedoman kerja puskesmas yang baru, sehingga total menjadi enam jilid, sebagai upaya untuk mengikuti perubahan demografi, epidemiologi, serta perkembangan teknologi, di Indonesia dalam pemberian pelayanan primer.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya menyampaikan revitalisasi Puskesmas penting mengingat perubahan penduduk Indonesia serta teknologi, sehingga pedoman kerja puskesmas dengan integrasi layanan primer (ILP) mesti disesuaikan.

"Buku pedoman kerja pertama diciptakan pada tahun 1974 dan direvisi tahun 1990, atau 1991 jadi pedoman kerja ini harus disesuaikan, bukan diubah, disesuaikan karena profil demografi berubah, profil epidemiologi nya berubah,"sebut dia.

Kemudian Budi menambahkan, perubahan juga dapat dilihat dari penerima layanan puskesmas, pada era sebelumnya lebih banyak balita yang dibawa ke Puskesmas sementara saat ini jumlah lansia yang datang untuk pelayanan di Puskesmas lebih banyak.

Pada kesempatan tersebut Puskesmas Kunto Darussalam mendapat Penghargaan Puskesmas terbaik I kategori Puskesmas Pedesaan dari 4.647 Puskesmas se Indonesia.

H. Sukiman menyampaikan selamat kepada Puskesmas Kunto Darussalam yang telah berhasil dan sukses memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sehingga mendapat penghargaan sebagai Puskesmas terbaik kategori Puskesmas Pedesaan.

"Kepada seluruh Kepala Puskesmas, terus tingkatkan kinerja pelayanan kesehatan untuk masyarakat Rokan Hulu, dan terus bertransformasi bersinergi, bersatu,"tutur dia.*