Puluhan Bacalon Kepala Daerah di Riau Tuntas Jalani Tes Kesehatan

Puluhan Bacalon Kepala Daerah di Riau Tuntas Jalani Tes Kesehatan

3 September 2024
Kepala RSUD Arifin Achmad, Fajriatul Mamnunah

Kepala RSUD Arifin Achmad, Fajriatul Mamnunah

RIAU1.COM - Terdapat sebanyak 43 pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau, wali kota dan wakil walibkota, bupati dan wakil bupati se-Riau, menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Hasil pemeriksaan tes kesehatan terhadap 3 pasangan gubernur dan wakil gubernur Riau dan 40 pasangan Walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati tersebut akan diserahkan RSUD Arifin Achmad ke KPU Provinsi Riau hari ini, Selasa (3/9/2024). 

Hal tersebut sesuai Keputusan KPU Nomor 1090/2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Calon Kepala Daerah, paling lambat 1 hari setelah seluruh rangkaian pemeriksaan calon selesai, maka pihak rumah sakit menyerahkan hasil penilaian kesehatan yang disebut kesimpulan hasil pemeriksaan kepada KPU. 

Berdasarkan keterangan Kepala RSUD Arifin Achmad Fajriatul Mamnunah,  untuk tes kesehatan ini, pihaknya melibatkan 80 tenaga medis, yang terbagi dalam tiga kategori pemeriksaan, yaitu jasmani, rohani, dan penyalahgunaan narkoba.

"Alhamdulillah, seluruh proses berjalan lancar. Kami melibatkan 80 tenaga medis karena banyaknya tahapan yang harus dilalui oleh para calon," ujar Fajriatul.

Tes kesehatan ini, menurut Fajriatul, dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis dari KPU pusat dan melibatkan tim dari RS Tampan serta BNN Riau untuk memastikan semua prosedur dilaksanakan dengan baik.

Sementara itu, Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan mengatakan, semua proses pemeriksaan telah selesai dan hasilnya akan diterima besok pukul 15.00 WIB dari tim medis RSUD Arifin Achmad.

"Alhamdulillah, rangkaian tes kesehatan bagi calon kepala daerah telah selesai. Selasa sore pukul 15.00 WIB, kami akan menerima hasil pemeriksaan yang akan diserahkan langsung oleh tim dokter di bawah naungan RSUD Arifin Achmad," ungkap Rusidi.*