Potensi Desa di Riau saat Ini Sedang Didata BPS

22 Mei 2024
Ilustrasi/Tribune

Ilustrasi/Tribune

RIAU1.COM - Seluruh kepada daerah di Provinsi Riau diajak Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto mendukung pelaksanaan pendataan Potensi Desa (Podes) tahun 2024 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) dan sedang berlangsung selama bulan Mei ini.

Tujuan pendataan Podes 2024 ini untuk menghasilkan data potensi wilayah, ketersediaan infrastruktur/fasilitas, serta kondisi sosial-ekonomi di setiap desa/kelurahan. 

"Saya, Pj Gubernur Riau mengajak seluruh bupati wali kota, camat, lurah atau kepala desa di wilayah Provinsi Riau untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pendataan Podes 2024 yang sedang berlangsung selama Mei ini," kata SF Hariyanto, Rabu (22/5/24). 

Dari pendataan Podes 2024 ini nantinya, sebut dia, akan menghasilkan data berbasis kewilayahan yang dimiliki oleh semua tingkatan wilayah administrasi pemerintahan, baik kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa/kelurahan. 

Selain itu, Podes 2024 juga digunakan untuk pembentukan Indeks Kesulitan Geografis (IKG) yang dapat digunakan untuk memetakan wilayah kantong kemiskinan dan pengalokasian dana desa.

"BPS melakukan pendataan Podes 2024 kepada aparat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia, untuk mendapatkan data tematik berbasis kewilayahan yang menggambarkan potensi wilayah, " jelas SF Hariyanto. 

Pentingnya keakuratan data, sebut Pj Gubri, menjadi kunci utama dalam pembangunan dan kemajuan di daerah Provinsi Riau. 

Oleh karena itu, ia menginstruksikan seluruh jajanan pemerintahan disetiap tingkatan di daerah agar menyiapkan informasi yang benar dan faktual. 

"Mari kita tunjukkan komitmen kita untuk kemajuan desa-desa di Provinsi Riau dengan memberikan dukungan penuh terhadap Podes 2024," tukasnya.*