Pjs Bupati Siak Sampaikan Masalah Harga Kering Panen Padi Turun

5 Oktober 2024
Pjs Bupati Siak, Indra Purnama

Pjs Bupati Siak, Indra Purnama

RIAU1.COM - Rapat koordinasi (Rakor) membahas pengendalian inflasi, penanganan stunting, kemiskinan ekstrem, dan percepatan pembangunan infrastruktur dihadiri Pjs Bupati Siak, Indra Purnama.

Dalam rapat tersebut, para Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Riau melaporkan kondisi daerahnya masing-masing terkait berbagai isu penting tersebut. 

Indra Purnama dalam laporannya menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Siak untuk mengendalikan inflasi, salah satunya melalui panen raya padi di Kecamatan Bunga Raya pada 15 April 2024, dengan luas panen mencapai 1.600 hektar. 

Namun, ia menyebutkan adanya kendala pada harga gabah kering panen (GKP), yang awalnya berada di angka Rp6.000/kg namun turun menjadi Rp5.300/kg setelah puncak panen.

Terkait penanganan stunting, Pjs Bupati Siak melaporkan bahwa Kabupaten Siak telah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 22 persen pada 2022 menjadi 10,40 persen di tahun 2023, dengan penurunan sebesar 11,60 persen, yang merupakan penurunan tertinggi di Provinsi Riau.

"Strategi yang dilakukan termasuk meningkatkan kualitas data intervensi gizi, fokus pada pencegahan stunting baru, serta pendampingan kelompok sasaran seperti remaja putri, calon pengantin, pasangan usia subur, ibu hamil, dan anak usia 0-24 bulan,"sebut dia.*