Pj Gubri Sebut Ketersediaan Air Bersih Jadi Solusi Tuntaskan Stunting

Pj Gubri Sebut Ketersediaan Air Bersih Jadi Solusi Tuntaskan Stunting

21 September 2024
Pj Gubri, Rahman Hadi

Pj Gubri, Rahman Hadi

RIAU1.COM - Rapat koordinasi optimalisasi layanan dasar bagi masyarakat dibuka Penjabat (Pj) Gubernur Riau Gubri Rahman Hadi akhir pekan ini.

Pj Gubernur Riau mengatakan bahwa salah satu tugas utamanya adalah menyelenggarakan tata kelola pemerintahan di Provinsi dan mengkoordinasikan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

"Rapat ini bagian dari menuntaskan dan memformulasikan program-program yang terkait dengan stunting. Oleh karena itu pada siang ini kita melakukan koordinasi," sebut Pj Gubernur Riau.

Lalu dia menjelaskan, bahwa stunting menjadi perhatian karena banyak melibatkan program-program yang harus dilaksanakan secara bersama-sama. Salah satu upaya dari pelaksanaan untuk penanganan stunting yakni tersedianya air bersih bagi masyarakat.

"Sebagai mana diketahui di Provinsi Riau ini memiliki kondisi geografis cenderung tanah gambut, air terkesan keruh dan ketersediaan sumur air bersih sangat terbatas dan masyarakat yang tidak mengelompok atau terpisah-pisah,"kata dia.

Pj Gubernur Riau menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan pemetaan secara administratif, ada program yang tersedia dan bisa dilakukan di tingkat Provinsi namun harus kerja sama sehingga kegiatan yang dilakukan tepat sasaran hingga ke desa.

"Oleh karena itu, untuk bisa terlaksananya ketersediaan air bersih ini maka program harus simultan atau bersama-sama dikerjakan dalam berbagai tingkatan dengan waktu yang harus ditentukan dan capaian target harus terselesaikan," ujarnya.*