PHR Sambut 10 Putra Putri Terbaik Riau Penerima Beasiswa Prestasi

PHR Sambut 10 Putra Putri Terbaik Riau Penerima Beasiswa Prestasi

7 September 2024
Sepuluh putra dan putri Riau penerima beasiswa dari Pertamina Hulu Rokan. Foto: Istimewa.

Sepuluh putra dan putri Riau penerima beasiswa dari Pertamina Hulu Rokan. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar Inaugurasi Penerima Beasiswa Prestasi S-1 di Gedung Pertemuan RCC Rumbai, Pekanbaru, pada 6 September 2024. Program yang sudah memasuki angkatan (batch) ke-2 ini merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR dalam mewujudkan pendidikan berkualitas bagi putra-putri terbaik Provinsi Riau.

"Inaugurasi ini sekaligus menandai resminya sepuluh penerima Beasiswa Prestasi PHR S-1 Tahun 2024. Mereka akan diantarkan ke Universitas Pertamina (UPER) Jakarta untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi," kata Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/9/2024).

Beasiswa Prestasi PHR S-1 merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan bagi penerimanya. Sesuai namanya yakni beasiswa prestasi.

"Hal yang kami tuntut dari para penerima adalah prestasinya, baik secara akademik dan nonakademik. Bicara akademik, artinya kami dorong untuk memiliki indeks prestasi yang tinggi, aktif mengikuti perlombaan-perlombaan yang sesuai dengan jurusan maupun keahlian mereka," ujar Rudi.

Penerima beasiswa nonakademik didorong untuk aktif berorganisasi. Hal paling penting adalah turut ambil bagian dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. 

"Harapannya, setelah lulus nanti, mereka memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi persaingan dunia kerja dan mampu berkontribusi untuk kemajuan provinsi Riau,’’ harap Rudi.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari menyampaikan, putra-putri yang terpilih menjadi penerima beasiswa telah melalui seleksi ketat. Prestasi menjadi aspek utama dalam meraih beasiswa ini.

“Sepuluh penerima beasiswa berhasil terpilih dari hampir ribuan pendaftar ini. Mereka telah melalui serangkaian seleksi ketat mulai dari administrasi, tes potensi akademik, wawancara dan focus group discussion," katanya.

Seluruh penilaian dilakukan lewat sistem perangkingan berdasarkan komponen penilaian, seperti di tahap administrasi dan wawancara, menilai kesesuaian berkas persyaratan, prestasi akademik, nonakademik, dan motivasi. Sementara untuk FGD, paramater penilaiannya adalah public speaking, leadership, pengetahuan dan kepekaan terhadap isu sosial, dan keaktifan selama diskusi.

Pemprov Riau menyambut hangat sepuluh penerima Beasiswa S-1 PHR. Mewakili Gubernur Riau Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau Sakinah mengapresiasi Program Beasiswa Prestasi S-1 PHR yang komitmen dalam menciptakan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing di bidang pendidikan. 

"Selain berkontribusi sebagai pemasok terbesar minyak dan gas bumi, PHR menunjukkan kepedulian nyata terhadap masyarakat di Provinsi Riau lewat beasiswa pendidikan tinggi. Kami berharap agar para penerima beasiswa mampu mencetak prestasi sebanyak-banyaknya," kata Sakinah.

Sehingga, penerima beasiswa PHR menjadi menjadi sumber daya manusia yang berdaya saing, integritas. Penerima beasiswa mampu menjadi agen pembangunan bagi daerah. 

“Atas nama Pemprov Riau, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PHR yang terus berkomitmen menciptakan generasi unggul dan berdaya saing di bidang pendidikan. Semoga, kesempatan ini menjadi bekal bagi generasi muda yang memiliki bakat akademik dalam menghadapi persaingan global yang penuh inovasi dan kemajuan teknologi,” ucap Sakinah.