Pertemuan Pj Gubri dan ADMET Bahas Advokasi Tambahan DBH Migas

Pertemuan Pj Gubri dan ADMET Bahas Advokasi Tambahan DBH Migas

15 September 2024
Peremuan Pj Gubri dengan ADMET bahas DBH Migas

Peremuan Pj Gubri dengan ADMET bahas DBH Migas

RIAU1.COM - Audiensi digelar Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) dengan Pj Gubernur Riau.

Sekretaris Jenderal ADPM, Andang Bachtiar mengungkapkan audiensi tersebut digelar dalam rangka mengkoordinasikan program-program terkait pengelolaan minyak dan gas (Migas) yang digagas oleh ADPMET dengan Pemerintah Provinsi Riau sebagai pelaksananya di daerah.

“Salah satunya kita selalu berusaha untuk mengadvokasikan mengenai tambahan dana bagi hasil 0,5 - 1,5 persen untuk pengembangan energi terbarukan dan percepatan proses Participating Interest (PI) 10 persen menjadi modal transisi energi,” katanya akhir pekan ini.

Dia juga mendorong agar Pemerintah Provinsi Riau dapat mewujudkan kemandirian energi di daerah. Dengan semaksimal mungkin memanfaatkan potensi dari sumber dalam negeri dan energi terbarukan

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubri menyambut baik rencana ini. Menurutnya audiensi ini perlu untuk dilaksanakan guna mencari kesepepahaman dan kesepakatan mengenai program-program apa saja yang kiranya perlu ditingkatkan oleh Pemprov Riau dalam pengelolaan Migas.

“Sehingga kita memiliki kesepemahaman dan kesepakatan bersama bahwa daerah ini (Riau) harus diadvokasi sebagai daerah penghasil migas,” ujar Pj Gubri.

Selain itu dikatakannnya, hal ini juga bermanfaat untuk melihat apa saja potensi-potensi sumber daya yang dimiliki Provinsi Riau dalam melakukan pengembangan energi terbarukan.

“Termasuk juga bagaimana upaya kita untuk mengoptimalkan bagaimana agar Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak dibidang migas ini dapat melakukan pengembangan usaha,” tuturnya.*