Pertemuan Mahasiswa Pencinta Alam se Riau Angkat Isu Abrasi Bengkalis

Pertemuan Mahasiswa Pencinta Alam se Riau Angkat Isu Abrasi Bengkalis

14 Juni 2024
Pertemuan Mapala se Riau

Pertemuan Mapala se Riau

RIAU1.COM - Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menyampaikan isu abrasi di Kabupaten Bengkalis, saat ajang Pertemuan Bersama Pencinta Alam (Purnama PA) Riau.

Pada pertemuan yang digelar Mapala Phylomina Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (Unri) salah seorang perwakilan mahasiswa Polbeng, Ilham menyampaikan persoalan serius yang menimpa masyarakat di pesisir pantai yang berhadapan Selat Melaka.

“Waktu itu kami bersama menyampaikan masalah abrasi yang menimpa masyarakat di desa Deluk, Simpang Ayam, Teluk Papal, dan sejumlah desa lainnya. Mengapa kami sampaikan persoalan ini, agar adanya perhatian serius dari seluruh elemen, baik itu mahasiswa, pemerintah daerah maupun pusat,” kata Ilham.

Lebih lanjut Ilham mengatakan, sejauh ini dalam penanangan abrasi Mapala Polbeng sudah berbuat, salah satunya melakukan pembibitan dan penanaman mangrove di bibir pantai terdampak abrasi. Namu, sebut dia upaya tersebut tak cukup, sebab itu pada ajang Purnama PA Riau, Mapala Laksamana mendorong pemerintah pusat memperhatikan masalah abrasi di Pulau Bengkalis.

“Persoalan abrasi pantai, selain menyangkut berkurangnya daratan, juga berkaitan dengan kedaulatan NKRI yang tergerus. Batas wilayah negara kita semakin berkurang, makanya kami dari Mapala Polbeng meminta pemerintah pusat lebih perhatian,” ujarnya.  

Seperti diketahui, Purnama PA Riau merupakan agenda tahunan se-Riau membahas permasalahan isu-isu lingkungan.*