Peran PKK Disebut Plt Gubri Sebagai Jaring Sosial hingga Tingkat Keluarga

17 November 2023
Plt Gubri Edy Natar buka rakor PKK Riau

Plt Gubri Edy Natar buka rakor PKK Riau

RIAU1.COM - Rapat koordinasi (Rakor) dan konsultasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Riau tahun 2023 dibuka Plt Gubernur Riau, Edy Natar.

Gerakan PKK, disebut Edy, merupakan salah satu gerakan sosial kemasyarakatan yang memiliki potensi luar biasa dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, baik pusat maupun daerah. 

"Dengan kekuatan kelembagaan yang terstruktur dari tingkat pusat sampai dengan desa, dan kelurahan, serta didukung oleh kader-kader yang bekerja dengan sepenuh hati dan dedikasi, maka hal ini akan menjadikan gerakan PKK sebagai mitra pemerintah hingga mendapat apresiasi dan fasilitasi dalam pelaksanaan program dan kegiatan," jelasnya.

Edy menilai keberadaan tim penggerak PKK sangat penting, karena merupakan mitra pemerintah dalam menjalankan program-program yang telah ditetapkan. Dengan cakupan yang sangat luas, lanjutnya, maka PKK itu dianggap memiliki banyak kelebihan.

"Kegiatan ini mengambil tema 10 program pokok PKK melaju menuju Indonesia maju. Maka rakor dan konsultasi pada malam hari ini menandakan bahwa PKK merupakan mesin yang sangat potensial, karena menjadi jaring sosial yang sangat besar hingga ke tingkat keluarga," ujarnya.

"Untuk itulah apabila dimanfaatkan dengan baik, maka tentunya PKK akan memiliki dampak yang sangat signifikan. Terlebih lagi para kader PKK dikenal memiliki militansi yang sangat kuat,"sambung dia.

Peran kader menurut dia sangat penting dalam merencanakan, menjalankan program penting, demi kesejahteraan keluarga melalui 10 program pokok PKK. Kegiatan TP PPK, kata Edy, sebaiknya selaras dengan prioritas program pemerintah dan kegiatan nasional maupun daerah.

"Mencermati proses pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan TPP PKK Provinsi Riau menjadi momentum yang tepat bagi PKK dalam menunjukkan peran yang strategis sebagai mitra pemerintah. Peran ini tentu sangat dirasakan oleh masyarakat dan juga pemerintah dalam kontribusinya kepada masyarakat," ucapnya.*