Pengembangan Perpustakaan, UMRI Kerja Sama dengan Kampus Malaysia

Pengembangan Perpustakaan, UMRI Kerja Sama dengan Kampus Malaysia

12 Agustus 2024
Kampus UMRI

Kampus UMRI

RIAU1.COM - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan kerja sama dengan Perpustakaan Universiti Malaysia Terengganu (UMT) dan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA).

Hal ini ditandai dengan silaturrahim yang dilakukan Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Perpustakaan UMRI bersama Kepala Kepala UPT Teknologi Informasi Pangkalan Data (TIPD).

Kepala UPT Perpustakaan Umri, Dwi Hastusi, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan inisiatif penting bagi UMRI yang bertujuan untuk memperkuat jaringan akademik dan budaya antar negara dan perguruan tinggi.

"Kerja sama ini mencakup berbagai aspek yang mendukung pengembangan pendidikan, penelitian, dan akses informasi bagi ketiga perguruan tinggi,"kata dia.

Kemudian dia menjelaskan, bahwa penting bagi perpustakaan Umri untuk membangun kerjasama dengan UMT dan UniSZA agar dapat berbagi koleksi buku, jurnal ilmiah, dan bahan akademik lainnya.

"Ini memungkinkan mahasiswa dan dosen dari ketiga perguruan tinggi untuk mengakses berbagai sumber informasi yang mungkin tidak tersedia di perpustakaan masing-masing,"sebut Dwi.

Sambung dia, selain itu akses ke pangkalan data internasional kerja sama ini dapat memfasilitasi akses bersama ke pangkalan data internasional, e-book, dan jurnal ilmiah yang mendukung kegiatan penelitian dan pembelajaran di masing-masing institusi.

"Melalui kerja sama internasional, staf perpustakaan dari ketiga University dapat mengikuti program pelatihan atau workshop yang diselenggarakan oleh ketiga Institusi. Ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan profesional dan pengetahuan mereka dalam bidang pengelolaan perpustakaan dan layanan informasi,"tutur Dwi.*