Pendistribusian Logistik Pilkada untuk Daerah Pelosok di Riau jadi Prioritas

Pendistribusian Logistik Pilkada untuk Daerah Pelosok di Riau jadi Prioritas

12 September 2024
Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan/Amirariau.com

Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan/Amirariau.com

RIAU1.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mengaku akan mengupayakan  pendistribusian logistik Pilkada ke daerah-daerah khususnya di kawasan pelosok, bisa dilakukan dengan segera. Sehingga pada saat hari H pelaksanaan Pilkada nanti, tidak ditemukan lagi kendala. 

Seperti itu disampaikan Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan, saat focus group discussion membahas Persiapan Pengelolaan Logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Menurut Rusidi Rusdan, untuk pengadaan logistik Pilkada serentak dilakukan secara nasional, sehingga KPU Riau hanya bersifat penerima. Rata-rata pihak ketiga yang melaksanakan pengadaan logistik Pilkada beroperasi di Pulau Jawa. 

“Dalam waktu dekat ini kita akan visit (kunjungan, red). Kita akan upayakan logistik untuk Riau diprioritaskan,” kata Rusidi.

Hal itu, sebut dia, mengingat kondisi alam di Riau yang beragam. Mulai dari daerah berbukit-bukit hingga daerah perairan. Sehingga untuk pendistribusiannya sampai ke pelosok, tentu tidak akan mudah. 

Proses pendistribusian akan semakin sulit jika terjadi hal-hal yang tak terduga seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Itu juga pernah dialami saat gelar Pemilu dan Pilpres beberapa waktu lalu. 

“Karena itu kita minta untuk Riau diprioritaskan,” tutur dia.

Dengan demikian, pihaknya berharap logistik Pilkada serentak berhasil tepat guna dan tepat sasaran.*