Penanganan Banjir, Bupati Kuansing Sebut Sudah Melakukan Berbagai Tindakan

8 Januari 2024
Rakor penanganan banjir di Riau

Rakor penanganan banjir di Riau

RIAU1.COM - Rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan banjir se Provinsi Riau melalui zoom meeting diikuti Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby, Senin (07/01/2024).

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Kapoda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal untuk mendiskusikan, dan menyamakan persepsi agar strategi untuk memanajemen penanggulangan bencana banjir yang hampir merata melanda Provinsi Riau dapat terkoordinir dengan baik.

"Saya yakin dan percaya dengan kehadiran seluruh elemen terkait secara langsung di tengah-tengah masyarakat. InsyaAllah dapat meringankan beban warga yang terdampak bencana banjir," kata Kapolda.

Dia juga mengapresiasi atas langkah yang sudah diambil oleh pemerintah daerah melalui bupati untuk melakukan tugas dan fungsi sesuai dengan domain dan kemampuannya agar apa yang menjadi kebutuhan masyarakat tetap bisa terpenuhi.

Sementara, Bupati Suhardiman Amby mengatakan di Kabupaten Kuansing untuk penanganan becana banjir ini sudah dilakukan secara terencana dan terstruktur bersama Kapolres dan Dandim beserta jajaran dan instansi-instansi terkait dari Kabupaten hingga ke desa untuk menentukan lokus bencana, bantuan dan dampak atau akibat yang ditimbulkan oleh bencana banjir ini secara bergotong royong.

"Respon dan tindakan langsung sudah diberikan dengan memberikan bantuan pangan kepada masyarakat, yang sudah disalurkan langsung oleh Pemerintah Daerah dan Kecamatan," sebut dia.

Untuk pelayanan kesehatan, sambung dia, melalui program Homecare juga siap dalam melayani masyarakatnya untuk melihat secara langsung kondisi kesehatan masyarakat dari rumah ke rumah serta diberikan pelayanan maksimal dari puskesmas hingga ke RSUD dengan program UHC.

"Sementara untuk pendidikan sudah diterapkan pembagian jam pagi dan sore yang berlaku bagi sekolah terdampak bencana, namun jika tidak memungkin hadir maka sudah di instruksikan kepada para guru untuk menyediakan akses melalui zoom kepada siswa-siswinya," paparnya lagi.*