Pemprov Riau Siapkan Beberapa Lahan untuk Penampungan Pengungsi Rohingya

17 Mei 2024
Pemprov Riau Berencana Tempatkan Pengungsi Rohingya di Tempat Khusus

Pemprov Riau Berencana Tempatkan Pengungsi Rohingya di Tempat Khusus

RIAU1.COM - Usai mendapat surat dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyiapkan aset yang nantinya diperuntukkan bagi fasilitasi dan tempat penampungan sementara pengungsi Rohingya yang berada di Kota Pekanbaru.

Ada dua aset yang ditinjau oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan bersama dinas terkait diantaranya berada di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu dengan luas lebih kurang 1,6 hektare.

Kemudian Ikhwan Ridwan melakukan peninjauan aset Pemprov di Pangkalan Baru, Siak Hulu, Kampar seluas 24 hektare. Dari luas tersebut asetnya ada dua sertifikat dengan rincian, sertifikat pertama 14 hektare dan yang kedua 10 hektare.

"Dari hasil peninjauan ini nanti kita akan laporkan kepada pak Gubernur," kata Ikhwan Ridwan, Kamis (16/5/2024).

Usai melakukan peninjauan di dua aset tersebut, Kadis Kominfotik Riau juga mengunjungi tempat pengungsian Rohingya yang berada di belakang Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru.

Berdasarkan pantauan, Ikhwan Ridwan bersama dinas terkait juga terlihatberbincang dengan pengungsi Rohingya yang sedang beraktivitas membangun gubuk sebagai tempat tinggal mereka.

Di sisi lain, Suratman selaku Pengurus Aset Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Riau mengatakan bahwa aset tersebut dulunya direncanakan untukUPT Uji pengawas.

"Itu baru rencana, sampai sekarang belum terlaksana. Namun ke depan kita mengikuti arahan pimpinan. Jika aset tersebut dibutuhkan maka akan kita serahkan," sebut dia.*