Pelestarian Kesenian dan Budaya Banjar di Riau

Pelestarian Kesenian dan Budaya Banjar di Riau

22 Juni 2024
Kegiatan Kesenian dan Budaya Banjar oleh KKB Riau

Kegiatan Kesenian dan Budaya Banjar oleh KKB Riau

RIAU1.COM - Kegiatan kesenian dan budaya banjar di Riau Garden akhir pekan ini dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Riau Bobby Rachmat.

Kegiatan kesenian dan budaya banjar ini diawali dengan Maulid Habsyi, kemudian makan batalam. Lalu, dilanjutkan dengan penampilan tarian dayak banjar dan ditutup dengan penampilan kesenian mahidin.

Pada sambutannya, Bobby mengungkapkan Pemprov Riau menyambut baik kegiatan pelestarian kesenian dan budaya ini. 

"Kami tentunya sangat mengapresiasi upaya Kerukunan Keluarga Banjar (KKB) Riau dalam memperkenalkan kesenian dan budaya dari Suku Banjar ini," kata dia.

Booby juga berharap KKB Riau dapat memberikan kontribusi, baik dalam pembangunan maupun berpartisipasi dalam membangun Provinsi Riau. Menurutnya, kerukunan maupun suku yang ada di Provinsi Riau ini tercipta karena adanya Bhinneka Tunggal Ika.

"Walaupun kita berbeda-beda, tapi satu tujuan kita ialah membangun Indonesia, terutama Provinsi yang sangat kita cintai ini. Kita tahu semangat orang banjar sangat kuat di mana kekuatannya terletak pada filsafah hidupnya yang pantang menyerah," tambahnya.

Ia juga berujar, bahwa melalui KKB Riau juga dapat dilakukan penyampaian pesan moral, tentang seperti apa sejarah Suku Banjar ini bisa sampai di Riau terutama di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Jika penyampaian sejarah dan pesan moral tersebut bisa tersampaikan, tentu menjadi suatu hal yang sangat tepat sekali. KKB Riau bisa bergabung bersama dengan masyarakat lainnya untuk memperkenalkan, membangun Riau," ujar Bobby.

"Teruslah berkembang dan memberikan manfaat bagi orang banyak, kami berharap orang Banjar ini bisa memberikan warna yang terbaik dalam kehidupan terutama di Provinsi Riau," sebut dia.*