Olimpiade PPKn Universitas Riau Tingkat Nasional, Diikuti 1.200 Peserta

Olimpiade PPKn Universitas Riau Tingkat Nasional, Diikuti 1.200 Peserta

6 Maret 2023
Pembukaan Olimpiade PPKn Universitas Riau

Pembukaan Olimpiade PPKn Universitas Riau

RIAU1.COM - Pembukaan Olimpiade PPKn XII Universitas Riau, di Gedung M. Diah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Senin (6/3/2023) dihadiri Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Lestari Moerdijat.

Olimpiade PPKn XII yang diselenggarakan ini mengangkat tema "Melalui Olimpiade PPKN 12 Merajut Kebhinekaan dalam Bingkai NKRI Guna Mewujudkan Generasi Muda yang Kompetitif dan Pancasilais".

"Kegiatan ini sebagai bentuk upaya nyata kita untuk memperkuat kebhinekaan Indonesia dan membangun karakter generasi muda yang mencintai bangsa dan negara," kata Edy.

Kegiatan Olimpiade PPKn XII yang diselenggarakan FKIP Universitas Riau ini, sebut dia bentuk nyata dalam mewujudkan salah satu tujuan negara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Maka dari itu Olimpiade PPKn tersebut diharapkan dapat melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam kehidupan sehari-hari. 

"Kami berharap semoga acara Olimpiade PPKn Universitas Riau ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan membangun karakter generasi muda yang kompetitif dan Pancasilais," harapnya. 

"Melalui Olimpiade PPKn XII, kita dapat belajar dan memahami tentang pentingnya kebhinekaan dan mencintai Pancasila sebagai ideologi bangsa. Kami juga berharap kegiatan Olimpiade PPKn XII ini dapat menjadi wahana untuk meningkatkan kualitas diri mengejar cita-cita yang lebih tinggi," pungkasnya. 

Sementara itu Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Riau yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Saya hadir di sini dalam rangka pembukaan Olimpiade PPKn XII atas undangan Universitas Riau. Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak penyelenggara karena telah memberi ruang kepada adik-adik kita," kata Wakil Ketua MPR RI.

"Ini merupakan aktivitas yang sangat nyata, sesungguhnya apabila terus dipelihara akan menjadi ajang untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak kita terhadap konsensus kebangsaan," imbuhnya.

Ketua pelaksana M Wily Saputra mengatakan adapun beberapa daerah yang mengikuti Olimpiade PPKn tersebut diantaranya berasal dari Bali, Kepulauan Riau (Kepri), Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Provinsi Riau. 

"Olimpiade ini akan berlangsung mulai hari ini, tanggal 6-11 Maret 2023, tercatat jumlah peserta yang terdaftar sejumlah 1.200 peserta," kata Ketua Panitia Penyelenggara. 

"Capaian ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas dari seluruh panitia yang bersinergi supaya kegiatan ini terselenggara dengan baik," pungkasnya.*