Olimpiade Ilmu Kebumian Internasional, Siswi Asal Riau Raih 3 Medali

Olimpiade Ilmu Kebumian Internasional, Siswi Asal Riau Raih 3 Medali

21 Agustus 2024
Olimpiade Ilmu Kebumian Internasional

Olimpiade Ilmu Kebumian Internasional

RIAU1.COM - Siswi SMAS Darma Yudha Pekanbaru, Sanny Onggiesty Dassaniya (17) berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan meraih tiga medali pada International Earth Science Olympiad (IESO) 2024 yang diselenggarakan di Beijing, Tiongkok pada 8-16 Agustus 2024 lalu.

Sanny berhasil membawa pulang medali perak untuk tes individu, serta dua medali perunggu untuk kategori Earth System Project (ESP) dan International Team Field Investigation (ITFI). Prestasi ini diraih dalam kompetisi yang diikuti oleh 136 peserta dari 35 negara.

Perjalanan Sanny menuju panggung internasional dimulai sejak tahun 2023 melalui serangkaian seleksi Olimpiade Sains Nasional dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional. Kerja keras dan dedikasinya terbayar dengan keberhasilan mewakili Indonesia di IESO 2024 yang ke-17.

Kepulangan Sanny ke Tanah Air pada 18 Agustus 2024 disambut meriah oleh perwakilan Dinas Pendidikan Riau, keluarga, serta civitas akademika SMAS
Darma Yudha. Elvira Yuaningtias, staf Bidang SMA Dinas Pendidikan Riau, hadir mewakili instansinya untuk menyambut prestasi gemilang Sanny.

"Saya sangat senang bisa mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di ajang Internasional. Semua ini tidak lepas dari peran dan dukungan orang
tua, sekolah, guru-guru, pemerintah kota Pekanbaru, Riau dan tentunya pemerintah Indonesia," ujar Sanny.*