Masyarakat Kampar dan Rohul Diingatkan Potensi Longsor

22 Agustus 2024
Kalaksa BPBD Riau, M Edy Afrizal

Kalaksa BPBD Riau, M Edy Afrizal

RIAU1.COM - Wilayah Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu (Rohul) curah hujannya masih cukup tinggi. Tingginya intensitas curah hujan di wilayah tersebut berpotensi menyebabkan bencana banjir dan longsor. 

Diketahui, belum lama ini longsor terjadi di Jalan Lintas Riau - Sumbar. Lokasinya berada di Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Bencana longsor juga terjadi Jalan Lintas Lubuk Bendahara menuju Kelurahan Rokan IV Koto, Kabupaten Rohul. Apalagi kedua kabupaten tersebut banyak daerah bukit bebatuan.

"Saat ini wilayah utara Riau seperti Kampar dan Rohul itu masih cukup tinggi," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal.

Sebab itu, Edy Afrizal mengimbau kepada masyarakat di wilayah tersebut untuk waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan bencana longsor dan banjir.

"Karena bencana ini bisa datang kapan saja di waktu yang tak disangka. Apalagi saat ini wilayah provinsi tetangga yakni Sumatera Barat musim penghujan, tentu masyarakat perbatasan Sumbar harus waspada banjir kiriman dari sana," ujarnya.

"Sehingga potensi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor yang tinggi. Kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada jika melakukan berpergian di wilayah tersebut dan selalu memantau perkiraan cuaca dari BMKG," tuturnya.*