Masih Ada 75.691 Jiwa Penduduk di Riau Belum Miliki Jaminan Kesehatan

Masih Ada 75.691 Jiwa Penduduk di Riau Belum Miliki Jaminan Kesehatan

1 Agustus 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Predikat Universal Health Coverage (UHC) telah dicapai 12 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau.

Berdasarkan keterangan Penjabat (Pj) Sekda, Indra, terhitung sejak 1 Juli 2024, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dengan persentase UHC 98,50 persen dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dengan persentase UHC 97,42 persen telah meraih predikat UHC. 

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Pemerintahan Kabupaten Rohil dan Pemkab Rohul atas pencapaian Universal Health Coverage. Artinya saat ini 12 kabupaten dan kota se-Riau telah berpredikat UHC,"kata dia.

Terwujudnya predikat UHC di Kabupaten Rohil dan Rohul ini, sebut dia, berdampak kepada angka UHC Provinsi Riau yang berhasil mencapai 98,9 persen.

"Maka dari itu, kita berikan apresiasi yang sebesarnya kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau beserta seluruh jajaran yang telah bersama-sama berupaya bagaimana seluruh kabupaten dan kota se-Riau dapat tercover melalui UHC,"tutur Pj Sekda.

Lebih lanjut, Pj Sekda mengingatkan bahwa masih terdapat 75.691 jiwa penduduk di Provinsi Riau yang belum memiliki jaminan kesehatan. Maka, ia mendorong stakeholder terkait untuk terus membuktikan komitmen Provinsi Riau dalam mendukung implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).*