Kontingen Porsadin Riau akan Ikuti Lomba MTQ hingga Catur di Bandung

Kontingen Porsadin Riau akan Ikuti Lomba MTQ hingga Catur di Bandung

28 November 2022
Kontingen Porsadin Riau 2022

Kontingen Porsadin Riau 2022

RIAU1.COM - Kontingen Provinsi Riau untuk mengikuti Pekan Olahraga Seni Antar Diniyah (Porsadin) V Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan mulai 1 - 4 Desember 2022 di Soreang, Bandung dilepas Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan selamat jalan, selamat mengikuti Porsadin. Mudah - mudahan sehat selalu dan bisa mengharumkan nama Riau. Jaga nama baik dan jaga solidaritas agar kita kembali ke Riau dengan selamat dan sehat Walafiat,” kata Gubernur Riau Syamsuar.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPW - FKDT) Provinsi Riau, Muhklis menuturkan sebanyak 61 orang akan diturunkan untuk mengikuti kegiatan ini.

“37 orang peserta dan 14 official, jadi total 61 orang. Pesertanya dari tingkat MDTA se-Provinsi Riau. Kemarin seleksinya dua bulan yang lalu, mulai dari tingkat Kecamatan, kemudian lanjut ketingkat Kabupaten dan Provinsi,” terang Muhklis.

Ia menuturkan untuk fasilitas dan pembiayaan sendiri seluruhnya dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Riau. “Alhamdulillah tahun ini full dibantu oleh Pemprov. Mulai dari keberangkatan, penginapan dan bus kontingen,” ujarnya.

Muhklis menjelaskan terdapat 16 cabang Porsadin yang akan dilombakan diantaranya bidang seni dan keagamaan yang didalmnya termasuk Musabaqah Qiroatul Kutub, Musabaqah Tilawatil Quran, Tahfizh Juz Amma, Murottal Wal Imla, kaligrafi.

“Kemudian puisi Islam, pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Arab, dan cerdas cermat,” ujarnya.

Selanjutnya bidang olahraga yang termasuk didalamnya bulu tangkis single dan double, tenis meja single dan double, lari sprint 60 meter dan 80 meter, catur cepat.*