Kantin MAN 2 Pekanbaru Dapat Sertifikasi Halal

Kantin MAN 2 Pekanbaru Dapat Sertifikasi Halal

17 Juni 2023
Penyerahan Sertifikat Halal pada kantin di MAn 2 Pekanbaru

Penyerahan Sertifikat Halal pada kantin di MAn 2 Pekanbaru

RIAU1.COM - Pelaksana harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Muliardi, MA menyerahklan sebanyak 8 sertifikasi halal kepada kantin yang berada di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pekanbaru akhir pekan ini.

Penyerahan sertifikasi halal pada kantin Madrasah di Lingkungan Kanwil Kemenag Riau tersebut dihadiri Majelis Guru, Karyawan, Pengurus Komite dan Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru.

Plh. Kakanwil Kemenag RIau mengatakan salah satu program prioritas Kementerian Agama adalah Percepatan Sertifikasi Halal. Saat ini dilakukan giat memperbanyak atau menumbuh kembangkan program sertifikasi halal bagi kantin yang ada di bawah naungan Kementerian Agama. 

“Kantin yang berada dibawah Kementerian Agama wajib memiliki sertifikiasi halal. alhamdulillah pada hari ini dengan journey nya terlalu lama akhirnya membuahkan hasil dari kerja tim tadi, yakni dari BPJPH telah merekomendasikan kantin – kantin yang ada sudah bersertifikat halal dan layak dikatakan untuk berbelanja untuk siapa pun,”ujarnya. 

Lebih lanjut Muliardi menyampaikan saat ini BPJPH kementerian Agama sedang menggesa 1 juta kuota bagi pelaku usaha mikro kecil (UMK) untuk mendapatkan sertifikasi halal gratis (SEHATI). 

Sementara itu Kepala Kemenag Kota Pekanbaru dalam sambutannya mengatakan sangat penting yang baik itu harus dimulai dari yang baik, salah satu awal yang baik itu dimulai dari makanan baik. Penyerahan sertifikat kantin halal bagaimana sebagai wujud kepedulian kita untuk Kemeterian Agama menjadi garda terdepan untuk melaksanakan hal – hal yang bersifat positif dalam masalah halal. 

“Kami memberikan apresiasi kepada MAN 2 Pekanbaru yang telah menindak lanjuti kebijakan Kementerian Agama. Kita juga harus mendukung dan mensuport ketika produk untuk mensertifikati halal ini bisa dilaksanakan,”terangnya. 

Dilain hal kepala MAN 2 pekanbaru mengatakan sertifikasi halal Sesuai aturan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, pada 17 Oktober 2024 mendatang akan diterapkan kewajiban sertifikasi halal untuk tiga jenis produk, salah satunya makan dan minuman. 

"Kita menyambut baik apa yang telah di programkan oleh Kementerian Agama, dengan berbagai upaya dalam mensukseskannya. Hal ini dengan ditunjukkan pada penyerahan sertifikasi halal kantin MAN 2 Pekanbaru hari ini. Saya minta Siswa jangan ragu lagi untuk berbelanja di kantin, jangan lagi memesan makanan dari luaran,” papar dia.*