Kades se-Riau Diingatkan Transparan Kelola Dana Desa

28 Oktober 2024
Asisten I Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur

Asisten I Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur

RIAU1.COM - Kepala Desa yang hadir pada acara Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan pembangunan desa diharapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, bisa mewujudkan pemerintahan desa yang bersih, kuat, dan mandiri.

"Melalui kepala desa diharap mampu buktikan, wujudkan pemerintahan Desa yang bersih, kuat, maju, mandiri, serta demokratis, apalagi mengetahui masyarakat menaruh harapan tinggi bagi desanya, berikan kinerja yang lebih baik," kata Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Zulkifli Syukur.

Kemudian Zulkifli menjelaskan, Pemerintahan Desa yang baik itu adalah desa yang pengelolaan keuangannya transparan serta akuntabel.

"Prinsip pengelolaan keuangannya dipertanggung jawabkan dengan baik, secara teknis maupun administratifnya transparan. Pengelolaan keuangan yang tidak tepat bisa gagalkan program pemerintah," katanya.

"Kepala desa pemegang utama pengelola keuangan harus bisa mengelolanya dengan baik, tujuan kita sejahterakan masyarakat," imbuhnya.

Zulkifli juga mengningatkan kepala desa di masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di Riau untuk tetap menyajikan laporan yang berkualitas serta sesuai dengan standar.

"Pemprov Riau melalui Inspektorat bersama-sama telah membina dan mengawasi Pemerintah Desa, mulai dari monitoring evaluasi keuangan khusus ke 100 desa di seluruh Kabupaten Kota. Kepada Kepala Desa, kami tegaskan untuk ikuti workshop ini dengan serius," ucapnya.*