Potensi ASN Pemprov Riau Digiring ke Pemilu, Ini Kata Kaban Kesbangpol

Potensi ASN Pemprov Riau Digiring ke Pemilu, Ini Kata Kaban Kesbangpol

5 September 2024
Kaban Kesbangpol, Jenri Salmon Ginting

Kaban Kesbangpol, Jenri Salmon Ginting

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dikatakan Kaban Kesbangpol, Jenri Salmon Ginting, berkomitmen dalam menjaga netralitas Aparatur Negeri Sipil (ASN) pada perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024.

Seperti itu disampaikan Kaban Kesbangpol Provinsi Riau saat membuka rapat koordinasi sekaligus melaunching Indeks Kerawanan Pemilu 2024 yang di taja oleh Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) di Pekanbaru, Kamis (5/9/2024).

"Secara kuantitatif, ASN dan Honorer tidak dapat dipandang sebelah mata, karena potensi mereka untuk digiring ke Pemilu cukup menggiurkan," kata Jenri Salmon Ginting.

Dia juga menjelaskan bahwa saat ini jumlah ASN se Provinsi Riau, baik PNS maupun PPPK berjumlah 83.207 orang. Sedangkan Honorer berjumlah 108.739 orang.

"Tentunya dengan jumlah yang tidak sedikit ini bisa menjadi power yang tidak bisa diremehkan jika ASN tidak netral dalam Pemilu dan Pilkada serentak,"sebut dia.

Sebab itu, kata dia, pemerintah Provinsi Riau telah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur tentang pembinaan dan pengawasan netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dalam penyelenggaraan Pemilukada.

"Oleh karena itu, ASN harus tetap pada kedudukan profesional, tidak memihak pada kontestan politik yang akan bertanding di Pemilu maupun Pilkada," pungkasnya.*