Gubri Ancam PKH Diganti Jika Tidak Serius Dukung Program Perhutanan Sosial

Gubri Ancam PKH Diganti Jika Tidak Serius Dukung Program Perhutanan Sosial

23 Mei 2023
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Program perhutanan sosial (PS) di Riau ditegaskan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan didukung penuh.

Oleh karena itu, Gubri Syamsuar menekankan agar komitmen percepatan implementasi Perhutanan Sosial di Riau harus terus digaungkan. Tujuannya sebut Syamsuar agar semua pihak dapat bersinergi, sehingga target kerja Perhutanan Sosial dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Program ini dimaksudkan untuk memberikan akses legal bagi masyarakat di sekitar hutan dalam pemanfaatan hasil hutan (Kayu, Non Kayu dan Jasa Lingkungan), sehingga ekonominya mandiri dan sejahtera dengan tetap menjaga kelestarian kawasan hutan sesuai dengan fungsinya.

"Kami meminta para KPH serius mendukung perhutanan sosial di Riau. Jika tidak serius, maka harus siap diganti atau dinonjobkan," tegas Gubri Syamsuar dalam arahannya di rapat tindaklanjut percepatan implementasi Perhutanan Sosial Riau di Pekanbaru,Selasa (23/5/2023).

Program ini juga diharapkan menjadi resolusi konflik dalam pengelolaan hutan antara masyarakat dengan Pemegang Ijin atau pun Pemerintah.

"Jika skema ini dapat dikembangkan dengan baik, maka multiplyer effectnya akan dapat dirasakan secara nyata, baik secara sosial, ekonomi, kelestarian hutan dan tata kelola sumber daya alam yang semakin baik dan adil," kata Gubri Syamsuar.

Keberhasilan program ini, diharapkan Syamsuar mendukung capaian Riau Hijau sebagai kebijakan Pemprov Riau, untuk mewujudkan pembangunan daerah berwawasan lingkungan dan pembangunan rendah karbon (PPRK).

"Kebijakan daerah ini juga sejalan dengan pelaksanaan Rencana Kerja Indonesia Folu Net Sink 2030 Sub Nasional Provinsi Riau, sebagai komitmen kita mendukung capaian target penurunan emisi karbon yang ditetapkan secara nasional (NDC), dalam rangka pengendalian perubahan iklim yang merupakan isu lingkungan tingkat global," jelasnya.*