Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Pemprov Riau Ingin UMKM Dibantu

8 Oktober 2024
Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Job Kurniawan

Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Job Kurniawan

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berkerja sama dengan perusahaan untuk menjalankan berbagai program corporate sosial responsibility (CSR) sebagai langkah untuk menggenjot perumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bumi lancang kuning.

Kerja sama ini, mulai dari terkait pendidikan, pelatihan, maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya.

Oleh karena itu dalam upaya menciptakan UMKM dari generasi muda, salah satu perusahaan BUMN di Riau menggandeng mahasiswa untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan.

Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Job Kurniawan mengatakan bahwa Pemprov Riau sangat mendukung adanya program tersebut. Terlebih, pelatihan kewirausahaan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar hingga lanjutan bagi generasi muda yang ingin terjun ke dunia bisnis.

"Kami menyambut baik pada kegiatan ini, karena semakin mempermudah kita untuk menunjukkan kemajuan pertumbuhan UMKM. Serta membentuk jiwa kepemimpinan generasi muda Riau yang mandiri dan inovatif," kata Job, Selasa (8/10/2024).

Dijelaskan, Presiden Republik Indonesia telah memberikan arahan untuk melakukan pengembangan UMKM. Hal itu lantaran, peran usaha mikro kecil menengah sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Sehingga, sesuai dengan intruksi Presiden RI, Pemprov Riau terus berupaya mendorong pelaku usaha besar untuk bermitra dengan UMKM. 

"Adapun jumlah kemitraan di perizinan Provinsi Riau, di Dinas Perizinan Provinsi Riau sampai dengan Juli 2024 adalah sebanyak 56 perusahaan. Melibatkan sebanyak 911 UMKM, dengan nilai kemitraan sebesar 37,96 miliar, berjumlah serapan tenaga kerja 2.464 orang," jelasnya.

Diungkapkan, melalui kerja sama yang sinergis ini, generasi muda bisa mendapatkan akses ke jaringan pasar, modal usaha, serta pendampingan yang berkelanjutan. Ia juga berharap, program ini dapat semakin mempermudah berbagai pihak untuk menunjukkan kemajuan pertumbuhan UMKM serta membentuk jiwa wirausaha generasi muda Riau.

"Mudah-mudahan di masa-masa yang datang UMKM akan semakin modern, semakin maju, sehingga akan tumbuh berkembang kemitraan-kemitraan lainnya. Mudah-mudahan juga banyak perusahaan yang bermitra kepada UMKM kita yang lainnya," tukasnya.*