FKIP Unri Taja Gelar Karya PPG, Datangkan Pejabat Kemendikbudristek

FKIP Unri Taja Gelar Karya PPG, Datangkan Pejabat Kemendikbudristek

10 Agustus 2024
Peserta Gelar Karya PPG FKIP Unri

Peserta Gelar Karya PPG FKIP Unri

RIAU1.COM - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri) menggelar Gelar Karya untuk Program Profesi Guru (PPG).

Gelar Karya ini menghadirkan Direktur Jendral (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek RI, Prof Dr Nunuk Suryani.

Dirjen GTK Nunuk Suryani menjabarkan bahwasanya Kuliah Proyek Kepemimpinan adalah mata kuliah inti dalam PPG yang dirancang Kemendikbudristek RI bagi calon guru.

"Gunanya adalah untuk melakukan pengamatan, mengasah kepekaan terhadap murid, berlatih memegang kendali kepemimpinan, dan melakukan refleksi diri,"kata Prof Nunuk.

Kurikulum PPG Prajabatan, sebut dia, didesain untuk membentuk sosok guru ideal yang dapat menjadi pemimpin pembelajaran sekaligus agen perubahan di bidang pendidikan.

"Untuk mencapai tujuan tersebut, PPG memberikan tiga mata kuliah yang terdiri dari mata kuliah inti, mata kuliah selektif, dan mata kuliah efektif,"tuturnya.

Ia juga mengharapkan, semoga dengan dilakukannya Gelar Karya ini, antar pemangku kepentingan bersama-sama mendorong terbentuknya ekosistem pendidikan yang berkelanjutan.

"Melalui penyelesaian bersama isu pendidikan sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan masing-masing daerah, termasuk yang berkaitan dengan pentingnya pemimpin pembelajaran di satuan pendidikan," tutup Prof Nunuk.*