EPSS Tahun 2024, Pemko Dumai Terbaik Kedua di Riau

25 Oktober 2024
Penyerahan penghargaan EPSS Tingkat Provinsi Riau

Penyerahan penghargaan EPSS Tingkat Provinsi Riau

RIAU1.COM - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Dumai menerima penghargaan dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Riau tahun 2024.

Kota Dumai meraih predikat terbaik kedua dengan nilai EPSS 2,77, berada dibawah Kota Pekanbaru yang menjadi terbaik pertama dengan nilai EPSS 2,89 dan diatas Kabupaten Rokan Hilir yang menjadi terbaik ketiga dengan nilai 2,76 serta Kabupaten Kuantan Singingi yang menjadi terbaik keempat dengan nilai 2,74.

EPPS sendiri merupakan suatu proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi & validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di Instansi Pemerintahan yang bertujuan engukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral, Meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, Meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Neraca dan Analisa Statistik BPS RI,Moh Edy Mahmud, didampingi Kepala BPS Provinsi Riau Asep Riyadi, di Pekanbaru pekan ini.

Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota terutama Diskominfotiksan sebagai leading sektor dalam pengumpulan data statistik melalui Bidang Statistik dan Persandian.

Menurut Deputi Moh Edy, Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Kab/Kota sebagai apresiasi dalam Nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dan Predikat Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024.  

Deputi turut berujar bahwa BPS saat ini fokus dalam statistik sektor pertanian dan perkebunan di Provinsi Riau yang menjadi tulang punggung perekonomian. BPS percaya dengan statistik yang baik maka akan memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor perkebunan dan pertanian yang baik di Provinsi Riau.

"BPS akan terus membangun kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pengumpulan data statistik yang mumpuni. Saya ucapkan selamat kepada Kabupaten/Kota yang meraih penghargaan dengan indeks penilaian EPPS yang cukup maupun baik" ujar Deputi BPS.*