Disnaker Riau Ingin Job Fair Serap Minimal 60 Persen Loker yang Sediakan

Disnaker Riau Ingin Job Fair Serap Minimal 60 Persen Loker yang Sediakan

18 September 2024
Ilustrasi/Kompas.com

Ilustrasi/Kompas.com

RIAU1.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau menggelar Riau job Fair 2024. Diketahu ada 75 perusahaan yang membutuhkan 3.000 tenaga kerja dalam bursa kerja kali ini.

Job Fair diselenggarakan dari 17 hingga 19 September di Hotel Prime Park Pekanbaru ini, ramai diminati oleh para pencari kerja. Setidaknya, terdapat 4.075 pelamar kerja dihari pertama.

Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Bambang Rusdianto  mengimbau masyarakat Riau agar memanfaatkan ajang job fair 2024 ini dengan sebaik mungkin.

Pihaknya menargetkan, setiap perusahaan yang ikut dalam ajang ini bisa mengambil 50 sampai 60 persen dari total 3.000 lowongan kerja (loker) yang tersedia.

"Mungkin hingga hari ketiga kami prediksi job fair 2024 para pencari kerja akan mencapai belasan ribu orang dari seluruh Riau, dan kami harapkan pihak perusahaan juga bisa menerima hingga 60 persen dari total 3.000 lowongan kerja yang disiapkan," sebutnya.

Setelah job fair 2024 ini berakhir, pihaknya juga akan melakukan pemantauan ke pihak perusahaan. Tujuannya untuk mengonfirmasi tenaga kerja yang sudah diterima pihak perusahaan yang ikut dalam ajang ini.

Langkah ini dilakukan, sebab Pemprov Riau menaruh perhatian khusus dalam hal mengurangi jumlah pengangguran di Bumi Lancang Kuning.

Sehingga, kata dia, partisipasi perusahaan dalam menyerap tenaga kerja, juga akan mendapat perhatian serius.

"Jadi, sekali lagi kami imbau kepada seluruh masyarakat Riau yang sedang mencari kerja agar bisa memanfaatkan job fair ini. Sebab, kegiatan ini kami laksanakan karena sudah menjadi tugas kami sebagai pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran di Provinsi Riau," tukasnya.*