Dirut HK Pastikan Melintasi Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar saat Ini Gratis

Dirut HK Pastikan Melintasi Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar saat Ini Gratis

1 Juni 2024
GT Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar/RRI.co.id

GT Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar/RRI.co.id

RIAU1.COM - Ruas jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar saat ini sudah bisa dilalui oleh masyarakat umum. Ruas jalan Tol ini merupakan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang.

Berdasarkan keterangan Direktur Utama (Dirut) Hutama Karya (HK), Budi Harto, jalan tol ini akan dioperasikan tanpa tarif alias gratis. Namun, perlu dilakukan cleaning area terlebih dahulu untuk memastikan jalan tol aman untuk dilalui.

“Open traffic perdana hari ini (31/05) tepat pukul 15.00 WIB. Pengguna jalan tol diharapkan untuk tetap melakukan tapping kartu uang elektronik, dan diharapkan terus memantau informasi terkini melalui akun resmi Instagram jalan tol Hutama Karya @HutamaKaryaTollRoad,” kata Budi Harto, Jumat (31/5).

Lalu dijelaskan Budi, dari sisi fasilitas struktur, jalan tol ini dilengkapi 8 unit jembatan, 1 interchange, 9 box pedestrian + box culvert, 3 overpass, dan 2 gerbang tol.

Sementara, jumlah lajur pada tahap awal 2x2. Dengan kecepatan rencana adalah 80 km/jam. Jarak tempuh ini dapat mengefisiensikan perjalanan dari Bangkinang ke Koto Kampar dari 1 jam menjadi 20 - 30 menit. Sementara, dari Pekanbaru ke Koto Kampar dari 3 Jam menjadi 1,5 jam.

“Manfaat ganda lainnya dari kehadiran jalan tol ini diharapkan mampu meningkatkan aksesibilitas dari Kota Pekanbaru menuju Provinsi Sumatra Barat. Kemudian, stimulus bagi perekonomian setempat melalui kemudahan akses ke berbagai tempat wisata, dan menumbuhkan ekonomi jalur perdagangan dari Provinsi Riau menuju Sumatra Barat,” papar Budi.*